Home > Ragam Berita > Anggota DPD Ini Kecam Penggusuran Kampung Pulo Karena Melanggar HAM

Anggota DPD Ini Kecam Penggusuran Kampung Pulo Karena Melanggar HAM

Jakarta – Anggota DPD, Fahira Idris, menegaskan jika proses penggusuran warga seharusnya tidak boleh sembarangan. Fahira menegaskan jika seharusnya hal tersebut tidak melanggar hukum yang berlaku.

Anggota DPD Ini Kecam Penggusuran Kampung Pulo Karena Melanggar HAM

“Bahkan ditingkat dunia, PBB memberikan batasan penggusuran hanya dapat dibenarkan dalam keadaan luar biasa dan sesuai hukum internasional,” ujar Fahira pada wartawan (Jumat, 21/8/2015).

Pemerintah seharusnya memastikan sebelum ada pengusiran telah berunding dengan warga. Sehingga pemaksaan penggusuran tidak terjadi. Pengusiran seharusnya tidak membuat warga menjadi tunawisma atau melanggar hak mereka.

“Pemerintah harus memastikan adanya tempat tinggal atau lahan untuk mereka yang tergusur,” katanya.

Ia melanjutkan, efek dari penggusuran bisa berakibat rusaknya hubungan sosial dengan tetangga dan keluarga. Kestabilan hidup sehari-hari seperti bekerja atau sekolah pasti akan terganggu karena harus pindah dengan mendadak.

“Tak jarang aset hunian ikut lenyap karena tak sempat dipindahkan,” jelasnya.

Selain itu, penggusuran bisa masuk dalam pelanggaran hak tinggal dan memiliki penghidupan. Tindakan ini tidak berperikemanusiaan bahkan dianggap sebagai kejahatan terhadap hak asasi manusia.

Dalam kasus penggusuran di Kampung Pulo, Fahira menilai hal itu dilakukan agar kota Jakarta nyaman dan layak huni. Disana ada hak-hak warga lain yang terampas ruang publiknya.

Sehingga penggusuran bisa diartikan sebagai pelayanan kepada masyarakat kota. Namun ia mengingatkan Pemprov DKI untuk menyediakan tempat relokasi yang sesuai untuk warga. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Massa FPI Siap Dirikan Pesantren di Cipinang Bila Rizieq Ditahan

Massa FPI Siap Dirikan Pesantren di Cipinang Bila Rizieq Ditahan

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab hari ini, Senin (23/1/2017) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis