Home > Teknologi > Layaknya Manusia, Robot Ini Juga Bisa Melahirkan

Layaknya Manusia, Robot Ini Juga Bisa Melahirkan

Cambridge – Teknologi robot terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini. Robot, yang semula hanya berbentuk sederhana, telah semakin berkembang menjadi lebih “manusiawi”. Seperti yang tengah dikembangkan di University of Cambridge.
Layaknya Manusia, Robot Ini Juga Bisa Melahirkan
Para peneliti di University of Cambridge belakangan ini dilaporkan tengah merancang sebuah robot yang dapat melahirkan. Seperti dilansir dari engadget (Jumat, 21/8/2015), yang dimaksud melahirkan dalam hal ini bukanlah memiliki rahim yang bisa menghasilkan anak robot, melainkan membuat robot yang mampu berperan sebagai ‘ibu’ robot yang bisa merancang, membangun, menguji, serta memperbaiki robot bayi. Hal itu bertujuan untuk menciptakan robot generasi penerus.

Pembuatan ibu robot ini didasari oleh penerapan dari seleksi alam, seperti reproduksi, penilaian, serta hal-hal lainnya, demikian ungkap tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Fumiya Lida tersebut. Dr Fumiya mengatakan, “Hal itu menjadi dasarnya, apakah robot ini dapat melakukan dan benar-benar bisa melanjutkan spesiesnya.”

Ibu robot akan melakukan pengujian kepada anak-anak robot melalui data yang telah dikumpulkan sebelumnya, sementara jika masih ada kekurangan terhadap robot anak tersebut, maka secara otomatis ibu robot ini bisa memperbaikinya.

Pada 19 Juni 2015 lalu, penelitian terkait ibu robot ini telah dipublikasikan ke dalam jurnal PLoS One. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Eddie Nketiah Resmi Dapat Kontrak Baru dari Arsenal

Eddie Nketiah Resmi Dapat Kontrak Baru dari Arsenal

London – Raksasa Premier League, Arsenal akhirnya mengumumkan bahwa bintang muda mereka, Eddie Nketiah resmi ...