Home > Ragam Berita > Jika Perseteruannya Dengan Jusuf Kalla Terus Berlanjut, Rizal Ramli Kemungkinan Diberhentikan

Jika Perseteruannya Dengan Jusuf Kalla Terus Berlanjut, Rizal Ramli Kemungkinan Diberhentikan

Jakarta – Belum genap satu bulan dilantik sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli sudah berulang-kali ‘berulah’ dengan mengkritisi kinerja pemerintah selama ini, yang dianggapnya buruk, di hadapan publik. Hal tersebut tak pelak membuat kondisi pemerintahan semakin panas dan kegaduhan politik makin menjadi.

Jika Perseteruannya Dengan Jusuf Kalla Terus Berlanjut, Rizal Ramli Kemungkinan Diberhentikan

Hal tersebut ditanggapi oleh Tjipta Lesmana, pengamat politik dari Universitas Indonesia, yang mengaku yakin bahwa Rizal Ramli tak akan berhenti berbicara kritis atas masalah yang dianggap serius dan berkaitan dengan kepentingan khalayak.

Dia mencontohkan masalah penting ini dengan menyebutkan menteri ekonomi yang selalu menyalahkan faktor eksternal atas perlambatan ekonomi. Menteri Keuangan, misalnya, terus mencari kambing hitam seperti menyalahkan ketidakpastian suku bunga bank sentral Amerika serta devaluasi yuan yang menyebabkan pasar terpengaruh faktor spekulasi dan psikologi.

Tjipta memprediksi nasib Rizal ke depan ada dua: diberhentikan karena tekanan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau jadi semakin populer. Apalagi masyarakat sedang bereaksi atas pernyataan Rizal, dan PDIP masih tetap mendukung mantan menteri koordinasi zaman Gus Dur ini. Tjipta mencurigai Jokowi mempunyai misi saat menempatkan Rizal, seperti mengawasi adanya kemungkinan para menteri yang ingin “main-main”. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dihadang Ratusan Jemaat, Eksekusi Pengurus Gereja di Surabaya Batal

Dihadang Ratusan Jemaat, Eksekusi Pengurus Gereja di Surabaya Batal

Surabaya – Pembacaan eksekusi terhadap pengurus Gereja Bethany Surabaya oleh panitera Pengadilan Negeri Surabaya pada ...