Home > Ragam Berita > Di Sekolah Swiss, Memakai Hijab Bagi Siswi Muslim Termasuk Pelanggaran Aturan Sekolah

Di Sekolah Swiss, Memakai Hijab Bagi Siswi Muslim Termasuk Pelanggaran Aturan Sekolah

Bern – Beberapa negara di Eropa diketahui memiliki kebijakan yang cukup ketat berkaitan dengan pemakaian ciri atau identitas agama, seperti misalnya dalam bentuk penggunaan jilbab bagi umat muslim.

Selain itu, meski suatu negara di Eropa tidak memiliki peraturan semacam itu, beberapa lembaga atau perusahaan swasta kerap kali memberlakukan kebijakan yang serupa. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Swiss.
Di Sekolah Swiss, Memakai Hijab Bagi Siswi Muslim Termasuk Pelanggaran Aturan Sekolah
Baru-baru ini diberitakan bahwa seorang pelajar Muslimah di Swiss dilarang memasuki kelas sekolahnya karena mengenakan jilbab. Ia diminta untuk mengenakan jilbab saat berada di rumah.

“Jika apa yang siswa katakan benar, kita akan berbicara kepada direktur sekolah tentang situasi ini,” ujar pejabat pendidikan Negara Erwin Sommer Le Matin seperti dilansir onislam, Selasa (25/8).

Menurut pihak sekolah, mengenakan jilbab melanggar aturan sekolah. Pihak sekolah telah menghadapi banyak kritik atas insiden tersebut. Sekolah akhirnya membahas masalah ini dengan orang tua gadis tersebut untuk mencapai kesepakatan.


Baca juga
Eky Pitung Ternyata Memiliki Banyak Anak Buah di Kampung Pulo
Menurut Pengamat, Rupiah Sentuh Rp 14.000 adalah Sinyal Bahaya Bagi Ekonomi Indonesia

Larangan yang diberlakukan pihak sekolah tidak memiliki dasar hukum. Negara tidak mengatur mengenai peraturan pakaian sekolah. Untuk itu, murid memiliki hak untuk memakai kippahs, kerudung, salib dan barang-barang lain sesuai dengan agama masing-masing.

November lalu, pengadilan Swiss telah membatalkan larangan yang diberlakukan sebelumnya oleh sekolah di salah satu sekolah di Swiss tentang larangan mengenakan jilbab di sekolah. Menurut Factbook CIA, Swiss adalah rumah bagi sekitar 400 ribu Muslim dari total delapan juta penduduknya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kuasa Hukum Habib Rizieq Pertanyakan Alasan Polisi Tidak Undang Saksi Ahli

Habib Rizieq Disebut Marah Besar Pasca Penetapan Status Tersangka

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq dikabarkan marah besar pasca penetapan dirinya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis