Home > Ragam Berita > Rupiah Anjlok, Indonesia Akan Panen Pengangguran di Akhir Tahun 2015

Rupiah Anjlok, Indonesia Akan Panen Pengangguran di Akhir Tahun 2015

Jakarta – Dampak dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi akan menambah jumlah pengangguran di Indonesia hingga setengah juta jiwa pada akhir tahun nanti.

Rupiah Anjlok, Indonesia Akan Panen Pengangguran di Akhir Tahun 2015

Hal tersebut diungkap oleh Drajad Wibowo selaku Direktur Sustainable Development Indonesia. Ia menjelaskan bahwa saat ini memang penguatan nilai tukar dolar AS lebih besar berdampak ke rupiah.Namun, kinerja mata uang rupiah rupanya tidak kalah buruk jika dibandingkan ringgit Malaysia.

“Ini sudah serius, harus kita atasi bersama,” kata Drajad saat dijumpai tim Harian Indo (Sabtu, 29/8/2015).

Ia menjelaskan, kinerja rupiah telah merosot lebih dari 13 persen sejak tahun lalu. Hal itu berimbas pada pemutusan hubungan kerja yang dilakukan sejumlah perusahaan. Selain itu, elastisitas penyerapan lapangan kerja hanya berkisar pada 538 ribu per satu persen pertumbuhan.

“Kalau kondisinya seperti itu, tahun 2015 bisa ada tambahan paling tidak ada setengah juta penganggur baru. Ini besar sekali untuk Indonesia,” pungkasnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Angin Puting Beliung di Malang Rusakkan 192 Rumah Warga

Angin Puting Beliung di Malang Rusakkan 192 Rumah Warga

Jakarta ā€“ Angin puting beliung yang menerpa Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin (20/3/2017) merusakkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis