Home > Ragam Berita > Pengungsi Timur Tengah Rela Tanggalkan Islam Demi Bisa Diterima Hidup Di Jerman

Pengungsi Timur Tengah Rela Tanggalkan Islam Demi Bisa Diterima Hidup Di Jerman

Berlin – Berbagai cara rela ditempuh para pengungsi Timur Tengah setibanya di Jerman. Mereka bahkan rela berganti agama menjadi Kristen demi meningkatkan peluang diterima di negara barunya tersebut.

Pengungsi Timur Tengah Rela Tanggalkan Islam Demi Bisa Diterima Hidup Di Jerman

Salah satu pengungsi Timur Tengah yang baru saja memeluk Kristen ialah Mohammed Ali Zonoobi. Ia dibaptis di sebuah gereja di Berlin pada Jumat (4/9) lalu.

“Maukah kamu menjauhkan diri dari setan dan bujukan jahatnya?” ujar pastor Gottfried Martens sambil menyiramkan air suci ke kepala pengungsi asal Iran itu.

“Ya,” kata Zonoobi menjawab pertanyaan sang pastor. Usai jawaban itu, pastor Gottfried kemudian memberikan berkat dan membabtis Zonoobi, yang kemudian juga mengganti namanya menjadi Martin.

Zonoobi, seorang tukang kayu dari Shiraz, Iran, tiba di Jerman bersama istri dan dua anaknya lima bulan lalu. Dia adalah satu dari ratusan pengungsi asal Iran dan Afganistan yang menjadi Kristen dalam beberapa waktu belakangan.

Sama seperti Zonoobi, saat ditanya alasan berganti agama, mereka mengaku telah menemukan kebenaran dalam ajaran Kristen. Namun, patut diduga alasan utama mereka menjadi Kristen adalah untuk memperbesar peluang ditampung di negeri dengan perekonomian terbesar di Eropa itu.

Sebenarnya menjadi Kristen tak menjamin para pengungsi itu bisa tinggal di Jerman. Apalagi, Kanselir Angela Merkel telah mengatakan bahwa umat Islam juga bagian dari Jerman.

Namun, bagi pengungsi Iran dan Afganistan menjadi Kristen bisa meningkatkan daya tawar mereka. Sebab, jika mereka dipulangkan mereka akan mendapatkan masalah karena sudah mengganti agama mereka.

Tentu saja, tak ada pengungsi yang mengaku mereka bersedia memeluk Kristen demi mendapatkan suaka di Jerman. Di sisi lain, beberapa dari pengungsi yang kini memeluk Kristen tak mau menyebutkan nama karena khawatir akan mendapat masalah di kampung halaman mereka. Sungguh miris ya? (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo dan SBY Akan Bertemu Hari Ini?

Prabowo dan SBY Akan Bertemu Hari Ini?

Jakarta – Kabar rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua ...