Home > Gaya Hidup > Awas, Merokok Bisa Menyebabkan Wajah Anda Mudah Keriput

Awas, Merokok Bisa Menyebabkan Wajah Anda Mudah Keriput

Jakarta – Ada banyak alasan untuk berhenti merokok. Alasan pertama yaitu kesehatan Anda. Tak hanya merugikan organ dalam Anda, tapi merokok bisa merugikan wajah Anda. Kok bisa?

Awas, Merokok Bisa Menyebabkan Wajah Anda Mudah Keriput

Merokok diketahui menyebabkan penuaan dini, keriput, gigi bernoda, dan penyakit gusi, di antara sejumlah masalah lain.

Media BuzzFeed bekerja sama dengan penata rias dan Dr Taylor Hays, dari Direktur Pusat Ketergantungan Nikotin di Mayo Clinic menunjukkan, bagaimana jadinya rupa tiga perokok yang berusia 20-an saat telah berusia 30 tahun.

Seperti dilansir dari Businessinsider, Selasa (8/9/2015), tiga peserta tersebut memiliki kebiasaan merokok yang bervariasi, satu peserta merokok sekitar dua bungkus sehari, yang kedua merokok tiga sampai empat batang sehari, dan terakhir merokok sekitar satu pak sebulan.

Transformasi dengan tata rias dibuat untuk menggambarkan bagaimana penampilan perokok, bahkan yang merokok lebih jarang, juga akan terpengaruh secara negatif oleh kebiasaannya jika dia terus merokok untuk jangka panjang.

“Kulit lebih terpengaruh karena paparan asap. Hal ini menyebabkan keriput berlebihan di sekitar mulut dan lipatan antara hidung dan mulut. Jaringan dasar kulit akan hilang kekuatannya sehingga wajah akan lebih kendur dan berkeriput lebih dalam,” kata Hays.

Efek dari merokok tidak hanya dapat dilihat dari kulit perokok, tetapi efeknya akan lebih buruk pada gigi mereka. Hays menjelaskan bahwa merokok adalah penyebab tingginya risiko penyakit periodontal (jaringan penyangga gigi) dan tanggalnya gigi.

“Perubahan yang terlihat pada bagian tubuh yang nampak hanya mengisyaratkan masalah yang disebabkan oleh merokok yang tidak bisa Anda lihat,” kata Hays. Ia menegaskan bahwa hal yang paling penting adalah apa yang terjadi pada organ internal.

Kondisi paling umum yang akan terjadi adalah penyakit paru-paru kronis, emfisema, penyakit kardiovaskular (serangan jantung dan stroke lebih sering terjadi pada perokok dibandingkan non-perokok), dan kemudian kanker (terutama kanker mulut, tenggorokan, dan paru-paru). (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tato Wulan Guritno Yang Banyak Diperbincangkan Netizen

Inilah Tato Wulan Guritno Yang Banyak Diperbincangkan Netizen

Jakarta – Tato memang salah satu seni lukis tubuh yang digemari, terutama bagi kalangan artis. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis