Home > Gaya Hidup > Gaya Hidup Manusia Perkotaan Bisa Memicu Timbulnya Gangguan Kecemasan

Gaya Hidup Manusia Perkotaan Bisa Memicu Timbulnya Gangguan Kecemasan

Jakarta – Para pakar kesehatan jiwa mengungkapkan jika gaya hidup masyarakat perkotaan yang serba cepat dapat memicu timbulnya gangguang kecemasan yang dikenal dengan anxiety.

Gaya Hidup Manusia Perkotaan Bisa Memicu Timbulnya Gangguan Kecemasan

Danardi Sosrosumihardjo selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menyatakan jika sebenarnya banyak orang yang telah mengalami masalah anxiety dengan atau tanpa mereka menyadarinya.

“Gejala gangguan cemas banyak di alami oleh manusia zaman sekarang,” katanya melalui siaran pers.

“Sebenarnya, setiap manusia mempunyai karakter dan berbagai mekanisme defence, di mana akan membentuk pola yang bersangkutan dalam menghadapi kecemasan yang dialami,” katanya.

Faktor-faktor seperti genetik bawaan, kepribadian, hingga kondisi lingkungan adalah hal-hal yang diketahui berkaitan dengan munculnya gangguan jiwa berupa anxiety pada seseorang.


Baca juga:

uberJEK Tidak Ingin Drivernya Memiliki Masalah Dengan Bau Badan
Studi, Orang Yang Tidak Mengakses Facebook Punya Kehidupan Yang Lebih Bahagia

Gejala fisik yang ditimbulkan adalah antung berdebar, diare, pusing, berkeringat dingin, sesak napas, mual dan lain-lain. Sementara gejala psikologisnya adalah hawatir, waswas, gugup atau ketakutan.

“Dengan pengendalian kecemasan yang baik, tingkat produktivitas seseorang pun dapat terjaga untuk hidup yang lebih berkualitas,” ujar Psikiater dari Klinik Psikosomatik Rumah Sakit OMNI Alam Sutera Tangerang, Andri. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Jakarta – Isu pelakor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun perselingkuhan justru menjadi tren ...