Home > Ragam Berita > Pemerintah Kabupaten Jepara Larang Jemaat Gereja Injili Tanah Jawi Rayakan Natal

Pemerintah Kabupaten Jepara Larang Jemaat Gereja Injili Tanah Jawi Rayakan Natal

Semarang – Menjelang perayaan Natal 2015 ini, Pemerintah Kabupaten melarang jemaat Gereja Injili Tanah Jawi (GITJ) Dermolo, untuk merayakan Natal di gereja tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Satpol PP Jepara, Trisno Santoso, larangan itu berkenaan dengan belum adanya izin pendirian gereja dari Pemerintah Kabupaten Jepara. Di sisi lain, pihak gereja juga belum mengajukan izin untuk merayakan Natal.

Menurut pantauan awak media, bangunan yang rencananya akan digunakan untuk perayaan Natal tersebut masih berupa rumah biasa. Belum ada satu pun penanda yang menyatakan bangunan tersebut adalah gereja.

“Namun, jika nanti ada surat permohonan izin merayakan Natal, Pemerintah Kabupaten tetap tidak akan memberikan izin,” kata Trisno saat diwawancarai, Jumat (18/12/2015).

Akan tetapi, Trisno akan memberikan solusi sementara untuk masalah itu. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten mempersilakan jemaat Gereja Injili Tanah Jawi merayakan Natal di balai desa setempat. Solusi tersebut diutarakan untuk menghindari adanya konflik antarmasyarakat.

Romo Danang, selaku pendeta Gereja Injili Tanah Jawi itu, menilai Pemkab Jepara tidak bisa menyelesaikan konflik sosial. Aktivis keagamaan tersebut menganggap larangan itu hanya bersifat meredam berdasar analisis potensi konflik kaum mayoritas dengan kaum minoritas.
(Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Jakarta – Arief Poyuono selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra memastikan bawha tidak akan ikut ...