Home > Teknologi > Ingin Tahu Cara Membuat Paspor Via Online ? Berikut Langkah-langkahnya

Ingin Tahu Cara Membuat Paspor Via Online ? Berikut Langkah-langkahnya

Jakarta – Membuat paspor saat ini lebih mudah menggunakan cara online atau juga dengan menggunakan e-paspor. Anda pun dapat lebih ringan dalam hal melengkapi data-data yang dibutuhkan. Anda juga tidak usah takut lagi kekurangan data ketika datang ke kantor imigrasi.

Berikut adalah cara untuk mendaftar paspor online seperti dilansir dari berbagai sumber (Sabtu, 19/12/2015).

Sebelum daftar via online, siapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang dibutuhkan untuk di submit. Berkas-berkas yang perlu dipersiapkan adalah copy KTP, Copy KK (Kartu keluarga), copy ijazah/akte lahir/surat nikah (pilih salah satu). Semua berkas itu di scan kemudian di edit menjadi file Jpeg dan hasil scan diedit dengan warna hitam putih (grayscale).

Setelah semuanya sudah disiapkan silahkan kunjungi situs Ditjen Imigrasi Indonesia

Setelah anda masuk di halaman situs yang telah anda klik, isi semua formulir yang ada dengan lengkap dan benar. Pada bagian kolom “jenis permohonan” pilih sesuai kebutuhan anda. Untuk kolom “Jenis paspor”, pilih 48H perorangan. Jenis paspor 48 halaman adalah untuk paspor khusus umum untuk perorangan, sedangkan paspor 24H perorangan adalah paspor khusus untuk keperluan umroh atau untuk para TKI di luar negeri dan untuk keperluan tugas tertentu di luar negeri dengan masa berlaku 3 tahun. Selanjutnya, isilah kolom-kolom identitas diri anda sesuai dengan KTP anda dan setelah semuanya terisi dengan benar, klik tombol lanjut.

Pada step ini anda hanya akan diminta untuk meng-upload semua data yang sudah Anda persiapkan. Upload sesuai urutan dari formulir tersebut. Selanjutnya klik “Lanjut”.

Pada halaman ini anda akan diminta untuk memilih kantor imigrasi tempat anda akan mengurus paspor dan juga tanggal pengurusan. Setelah anda memilihnya, klik “lanjut”. Kemudian anda akan menuju halaman yang mana anda diminta untuk mengisi kode verifikasi kemudian tekan OK. Dari sini anda sudah selelsai mendaftar secara online, akan tetapi anda juga butuh bukti yang nantinya anda bawa ketika ke kantor imigrasi. Untuk itu klik “Bukti Permohonan” kemudian akan muncul halaman “tanda terima pra permohonan”.

Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu Anda yang hendak bepergian ke luar negeri entah untuk tujuan bisnis atau rekreasi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

KPU DKI Harus Awasi Secara Ketat Pendataan DPT Pilgub Putaran Dua

KH Cholil Nur Berharap Putaran Kedua Pilgub DKI Aman dan Damai

Jakarta – Pilkada putaran kedua DKI Jakarta akan digelar kembali pada 19 April 2017 diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis