Home > Gaya Hidup > Cara Mengatasi Masalah Alergi Susu Secara Alami

Cara Mengatasi Masalah Alergi Susu Secara Alami

Jakarta – Susu sangat baik untuk kesehatan. Karena di dalam susu itu terdapat kandungan protein dan juga kalsium yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsinya karena masalah alergi. Dimana mereka yang mengalami alergi tersebut disebut juga dengan sebagai intoleransi laktosa. Biasanya mereka akan mengalami mual, muntah – muntah, sakit kembung, diare, pusing, dan mengalami beberapa masalah pencernaan yang lain setelah mereka mengkonsumsi susu. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi masalah alergi susu itu?

Sebenarnya tidak sulit kok untuk mengatasi masalah alergi pada susu. Karena seseorang bisa mengalami alergi susu ini dikarenakan adanya peningkatan enzim laktase yang ada di dalam tubuh. Dimana hal ini bisa terjadi karena adanya intoleransi laktosa dan berbagai masalah pencernaan misalnya saja seperti penyakit keturunan, penyakit celiac, penyakit crohn,ulcerative colitis, dan karena gastroenteritis.

Maka dari itulah bila anda adalah penderita intoleransi laktosa, kini anda tidak perlu bingung lagi. Karena cara mengatasi masalah alergi susu ini sangat mudah! Dikutip HarianIndo dari laman web kesehatan, Sabtu (19/12/2015) Berikut ini adalah bagaimana cara termudah untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain:

Carilah ambang dari batasan laktosa

Anda harus bisa menyadari bahwa tingkat intoleransi laktosa tiap – tiap orang itu berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Dan untuk menilai berapakah tingkat intoleransi, ada baiknya bila anda harus menghindari konsumsi laktosa dari 3 minggu sampai dengan 4 minggu. Setelah itu, mulai tambahkan beberapa susu dan keju ke dalam makanan anda.

Disini anda bisa melihat bagaimana reaksinya terhadap tubuh anda. Ada beberapa orang yang bisa mentolerir laktosa di dalam tubuh sebanyak 12 gram. Karena itulah anda bila anda mengalami alergi susu, anda bisa mengatasinya dengan cara mencampurkan susu dengan makanan lainnya. Sehingga masalah ini bisa ditoleransi.

Yoghurt dan Keju

Salah satu cara mengatasi masalah alergi susu adalah dengan cara mengkonsumsi yoghurt dan juga keju. Dari sinilah terdapat bakteri aktif yang tumbuh ke dalam yoghurt yang mampu memecah laktosa lebih cepat sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan karena alergi terhadap susu. Anda bisa menggunakan yoghurt yunani untuk mengatasi masalah alergi susu. Karena yoghurt yunani ini memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan yoghurt biasa.

Kefir

Kefir ini seperti yoghurt. Karena kefir bisa juga digunakan sebagai probiotik yang mampu membantu membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Demikianlah 3 cara mengatasi masalah alergi susu yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan begitu bila sebelumnya anda tidak mengkonsumsi susu karena anda alergi susu, kini anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal di atas. (Rooy Perdana – HarianIndo.Com)

x

Check Also

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Jakarta – Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang cukup menjengkelkan. Disamping kulit menjadi tidak nyaman, ...