Home > Gaya Hidup > Ajarkan Anak Tentang Konsep Waktu Dengan Cara Ini

Ajarkan Anak Tentang Konsep Waktu Dengan Cara Ini

Jakarta – Banyak sekali hal yang harus diajarkan sang orang tua kepada anak yang sedang bertumbuh. Salah satu hal terpenting adalah mengajari anak untuk mengenal konsep waktu.

Berikut Harian Indo hadirkan tips dan cara mengajarkan anak usia dini untuk mengenal konsep waktu berdasarkan usia anak tersebut seperti dilansir dari Kidspot (Minggu, 27/12/2015). Selamat mencoba!

Usia 5-6 tahun:

Anak-anak berusia 5-6 tahun belajar bagaimana menggunakan bahasa sehari-hari untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka belajar untuk mengajukan pertanyaan “berapa lama” dan menggunakan bahasa seperti: sebelumnya, setelah, hari ini, pagi, dan kemarin. Anak-anak usia ini juga belajar urutan peristiwa dalam waktu, misalnya, “Aku menggosok gigi sebelum pergi ke sekolah di pagi hari.” Anak-anak usia ini juga belajar membaca waktu analog.

Usia 7-8 tahun:

Anak-anak berusia 7-8 tahun belajar membaca jam baik analog dan digital. Mereka mulai bisa membandingkan durasi kejadian serta jumlah hari dalam sebulan dan urutan bulan dalam setahun. Contohnya, “Kita mulai sekolah di pagi hari pada pukul 09.00 dan beristirahat pukul 11.00.” Ini adalah usia yang tepat untuk membelikan jam tangan untuk anak Anda. Biarkan mereka untuk memilih jam tangan yang mereka suka, sebaiknya dengan model sederhana, mudah dibaca dan bersistem analog.

Usia 9-10 tahun:

Anak-anak yang berusia 9-10 sudah bisa membaca jadwal dengan baik. Mereka dapat mengonversi satuan waktu dari 60 detik menjadi 1 menit, 60 menit sama dengan 1 jam, 24 jam sama dengan 1 hari.

Usia 11-12 tahun:

Anak-anak berusia 11-12 sudah bisa membaca waktu 24 jam. Ajarkan anak membaca jadwal penerbangan di bandara, atau jadwal siaran televisi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Berikut 5 Tips Agar Kencan Anda Sukses

Berikut 5 Tips Agar Kencan Anda Sukses

Surabaya – Perawatan diri yang baik adalah cara agar kita bisa lebih percaya diri dan ...