Home > Gaya Hidup > Studi, Melamun Bisa Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

Studi, Melamun Bisa Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

Jakarta – Meskipun usia masih muda, namun terkadang kemampuan memori otak bisa jadi mulai menurun. Nah, jika Anda perlu mengingat sesuatu yang penting, cobalah untuk beristirahat dulu. Artinya, betul-betul istirahat tanpa melakukan aktivitas apa pun.

Seperti dilansir dari New Scientist, Selasa (29/12/2015), efek dari beristirahat total di ruangan yang tenang selama 10 menit, terbukti bisa meningkatkan kemampuan memori otak. Efek ini paling kuat dirasakan oleh pengidap amnesia.

Hal tersebut juga berlaku ketika Anda ingin mengingat sebuah hal baru. Pasalnya, semakin baru memori, maka semakin rapuh. Jadi wajar saja jika ada banyak orang yang kesulitan dalam pelajaran menghapal, karena memori baru perlu digabungkan terus-menerus sebelu masuk ke ruang penyimpanan memori jangka panjang.

Biasanya proses ‘penyimpanan’ memori terjadi pada saat kita tidur. Namun ada cara efektif untuk menyimpan memori baru saat kita terbangun, yakni dengan beristirahat total dari aktivitas.

Dalam hal ini, ketika Anda mencoba beristirahat total, maka di bawah sadar Anda akan melamun dan membiarkan pikiran berkelana.

Hal tersebut telah dibuktikan Michaela Dewar dari Heriot-Watt University di Inggris. Dalam penelitiannya, Orang-orang yang beristirahat atau melamun selama 10 menit setelah mendengarkan cerita, akan mengingat 10 persen lebih banyak dibanding mereka yang tidak suka melamun.

Sudah paham kan? Melamun ternyata dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan memori otak Anda. Jadi biasakanlah melamun selama minimal 10 menit tiap hari agar tidak cepat pikun ya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Jakarta – Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang cukup menjengkelkan. Disamping kulit menjadi tidak nyaman, ...