Home > Ragam Berita > Kapal Vietnam Paling Sering Lakukan Illegal Fishing di Perairan Indonesia

Kapal Vietnam Paling Sering Lakukan Illegal Fishing di Perairan Indonesia

Jakarta – Otoritas keamanan laut Indonesia dilaporkan telah memeriksa 5.206 kapal ikan yang beroperasi di wilayah laut Nusantara. Jumlah ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Asep Burhanudin.

Dari ribuan kapal bermasalah tersebut, 157 kapal diantaranya telah terbukti melakukan illegal fishing dan telah menjalani proses hukum. 157 unit kapal tersebut terdiri dari 84 kapal perikanan asing (KIA) dan 73 kapal perikanan Indonesia (KII).

“Kapal asing pelaku illegal fishing tersebut didominasi oleh kapal berbendera Vietnam sebanyak 46 kapal. Selanjutnya kapal berbendera Filipina sebanyak 19 kapal, 12 kapal Malaysia, dan 9 kapal Thailand,” ungkap Asep, sebagaimana dinukil dari Kompas.com (6/1/2016).

Selanjutnya, kapal-kapal illegal fishing yang telah terbukti bersalah itu akan dikenakan hukuman berupa penenggelaman. Tim gabungan dari Ditjen PSDKP, KKP, TNI AL, dan Polri pun telah mengirim 121 kapal ke dasar lautan.

Selama periode Oktober sampai Desember 2014 silam, TNI AL telah menghancurkan 8 kapal yang terbukti bersalah. Di sepanjang tahun 2015 kemarin, total 113 kapal sudah ditenggelamkan oleh otoritas Indonesia.

Adapun untuk anak buah kapal, nahkoda, dan kepala kamar mesin, sebagian diantaranya telah dikirim kembali ke negara asal, sementara beberapa lainnya harus menjalani hukuman di Indonesia. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Negara OKI SepakatYerusalem Timur Sebagai Ibu Kota Palestina, Ini Tanggapan Israel

Negara OKI SepakatYerusalem Timur Sebagai Ibu Kota Palestina, Ini Tanggapan Israel

Jakarta – Organisasi negara-negara Islam (OKI) sepakat menetapkan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina saat ...