Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Penelitian, Hanya Lewat Air Ludah Anda Bisa Memprediksi Kematian

Penelitian, Hanya Lewat Air Ludah Anda Bisa Memprediksi Kematian

Birmingham – Sebuah penelitian sederhana yang dilakukan oleh Universitas Birmingham ternyata memiliki hasil yang mengejutkan.

Penelitian, Hanya Lewat Air Ludah Anda Bisa Memprediksi Kematian

Penelitian tersebut menyebutkan jika kematian seseorang bisa diprediksi menggunakan air ludah. Air ludah dapat mempengaruihi antibodi alami dalam tubuh yang dikenal dengan nama immunoglobulin A (IgA).

Penelitian dilakukan pada sampel air ludah dari 700 pria dan wanita berusa 60 tahun ke atas sejak tahun 1990-an. Selanjutnya, para peneliti mengukur korelasi antara tingkat sekresi IgA dengan semua penyebab kematian. Secara mengejutkan, para peneliti menemukan risiko kematian dini akibat kanker pada sebagian sampel.

“Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi seberapa baik kita memproduksi antibodi dan menjaga kadar IgA. Seperti misalnya usia, heritabilitas atau sakit, tapi kondisi kesehatan umum kesehatan juga dapat memengaruhinya, seperti stres, diet, olahraga, alkohol dan merokok,” kata Dr Anna Phillips (Senin, 11/1/2016).

“Penelitian ini menunjukkan, check up umum bisa dilakukan dengan sampel air liur. Namun kembali lagi, ini hanya pemeriksaan awal. Jika jumlah antibodinya rendah, tentu harus ada tindak lanjut,” tambahnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-hati, Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Hati-hati, Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Jakarta- Stres sering dianggap sebagai masalah sepele yang tidak terlalu membahayakan kesehatan. Namun, stres ternyata ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis