Home > Ragam Berita > Nasional > Afif Alias Sunakim, Pelaku Bom Sarinah Ternyata Pernah Dipenjara 7 Tahun

Afif Alias Sunakim, Pelaku Bom Sarinah Ternyata Pernah Dipenjara 7 Tahun

Jakarta – Salah satu pelaku pemboman dan penembakan di kawasan Sarinah, Jakarta, ternyata adalah seorang residivis yang pernah menjalani latihan sebagai teroris di Aceh.

Afif Alias Sunakim, Pelaku Bom Sarinah Ternyata Pernah Dipenjara 7 Tahun

Ia bernama Afif alias Sunakim, warga Karawang, Jawa Barat.

Afif adalah salah satu dari 40 teroris kelompok Aceh yang melakukan latihan militer di daerah Gunung Bun Jalin Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Saat itu Afif ada di dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang dipimpin oleh Aman Abdurarahman. Afif kemudian tertangkap dan dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada tahun 2010 silam.

“Afif dulu pernah ditangkap di Aceh. Dia dapat vonis kalau enggak salah tujuh tahun untuk kasus pelatihan terorisme,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Kompleks Mabes Polri (Jumat, 15/1/2016).

Ketika melancarkan aksi teror bom di Sarinah, Afif telah bergabung dengan kelompok militan ISIS dengan otak pelaku Bahrun Naim. Afif terlihat sangat lihai menghadapi petugas kepolisian. Namun akhirnya, pria bertopi hitam itu ditembak mati oleh aparat di tempat kejadian. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Minta Masyarakat Tak Salah Mengerti Maksud "Dimodalin" Pada Spanduk OK OCE

Sandiaga Minta Masyarakat Tak Salah Mengerti Maksud “Dimodalin” Pada Spanduk OK OCE

Jakarta – Saat masa kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terdapat sebuat spanduk promosi terkait ...