Home > Teknologi > Internet > Netizen Indonesia Ciptakan Safety Check Facebook Sendiri

Netizen Indonesia Ciptakan Safety Check Facebook Sendiri

Jakarta – Beberapa media telah menyorot bagaimana dingin dan tak acuhnya media sosial Facebook dalam menanggapi serangan bom dan teror di Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016) lalu.
Netizen Indonesia Ciptakan Safety Check Facebook Sendiri
Sikap ini sangat berbeda dengan yang terjadi pasca insiden terorisme di Perancis dan Nigeria, dimana hanya beberapa saat saja, Facebook sudah merespon dengan mengucapkan belasungkawa.

Selain itu, Facebook juga mengaktifkan fitur Safety Check. Fitur ini ditujukan untuk membantu warga mengkonfirmasi bahwa mereka selamat dari rangkaian serangan teroris yang melanda suatu daerah atau kota.

Seperti dilansir dari Okezone.com, Sabtu (16/1/2016), melihat tak ada tanda-tanda bahwa Facebook akan mengaktifkan fitur Security Check, beberapa netizen pun memilih untuk menciptakan sendiri Safety Check mereka. Caranya adalah dengan menuliskan tagar #SafetyCheckJKT di media sosial. Maksudnya sama, untuk mengkonfirmasi bahwa mereka baik-baik saja dan tidak terdampak oleh serangan teror.

Adapun fitur Safety Check sendiri dirancang untuk kondisi bencana alam bear yang melanda wilayah yang cukup luas. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata fitur ini juga memasukkan kondisi terorisme sebagai opsi untuk aktivasinya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Kemenkominfo Juga Ancam Blokir Twitter Hingga Facebook

Kemenkominfo Juga Ancam Blokir Twitter Hingga Facebook

Jakarta – Makin maraknya konten yang menyebarluaskan paham radikalisme dan ujaran kebencian membuat pemerintah harus ...