Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Sudah Berusia 97 Tahun, Nenek Ini Masih Kuat Berjualan Gudeg

Sudah Berusia 97 Tahun, Nenek Ini Masih Kuat Berjualan Gudeg

Yogyakarta – Dari sekian banyak penjual gudeg di Yogyakarta, salah satu yang paling terkenal adalah gudeg buatan Mbah Lindu. Dari kabar yang beredar, Mbah Lindu merupakan penjual gudeg tertua di kota tersebut.
Sudah Berusia 97 Tahun, Nenek Ini Masih Kuat Berjualan Gudeg
Dilansir dari BBC Indonesia, Sabtu (23/1/2016), Mbah Lindu disebut-sebut sudah berjualan gudeg sejak sekitar zaman penjajahan Jepang. Mbah Lindu sendiri, atau yang bernama asli Setyo Utomo, banyak dibicarakan orang karena di usianya yang sudah menginjak 97 tahun, ia masih cukup cekatan untuk meracik kuliner khas Yogya tersebut..

Untuk soal rasa, tidak perlu diragukan lagi. Mbah Lindu memiliki masakan ngudeg yang tak kalah dibandingkan warung-warung lain yang lebih besar dan modern.

Ketika wartawan coba mengajak berbincang Mbah Lindu, ia mengatakan bahwa dirinya berjualan hanya selama lima jam, yakni pagi hari pukul 05.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB atau menjelang siang.

Setiap harinya, ia menyediakan setidaknya 15 nangka muda, 10 kg telur ayam, 6 kg nasi. Porsi ini akan dinaikkan bila sedang musim liburan.

“Jualannya sejak nggak tahu kapan. Tapi yang jelas sejak Jepang belum datang. Lha pas zaman Jepang, saya sudah punya anak. Jualannya saya gendong, lalu jalan keliling. Waktu jalan kaki karena belum ada lampu, saya bawa oncor (obor bambu),” kenang Mbah Lindu.

Mbah Lindu pun mengklaim bahwa racikan bumbu gudegnya tidak berubah sejak berpuluh tahun yang lalu. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang tak bisa di-handle-nya, Mbah Lindu dibantu oleh sang anak, Ratiyah.

“Saya ikut jualan Simbok (ibu) sejak kecil. Lupa tepatnya. Tapi yang jelas, Simbok itu nggak pernah ada jadwal libur. Libur kalau pas ada keperluan. Wong sakit aja jarang. Paling kalau sakit masuk angin, obatnya ya cuma dikerokin. Simbok juga nggak suka minum jamu, ” tutur Ratiyah.

Salah seorang pelanggan bernama Hari Setyawan mengaku telah menjadi pelanggan Mbah Lindu sejak 40 tahun terakhir ini. Menurutnya, rasa gudeg Mbah Lindu tetap sedap dari tahun ke tahun tanpa adanya perubahan.

“Dari dulu ya rasanya nggak berubah, tetap enak. Kebetulan saat kuliah, saya dulu kos di daerah sekitar sini jadi sering jajan gudegnya Mbah Lindu,” ujar Hari. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Mochi Es Krim Mudah Dibuat

Resep Mochi Es Krim Mudah Dibuat

Jakarta – Sajian pencuci mulut yang satu ini sangat terkenal di Jepang. Mochi es krim ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis