Home > Ragam Berita > Nasional > Tukang Bakso Pro ISIS Ini Kecewa Hanya Dibayar Rp 600 Ribu Saat di Suriah

Tukang Bakso Pro ISIS Ini Kecewa Hanya Dibayar Rp 600 Ribu Saat di Suriah

Jakarta – Salah satu simpatisan ISIS, Ahmad Junaedi, mengaku sangat kecewa dan merasa tertipu oleh Abu Jandal, warga Malang, Jawa Timur, yang merupakan salah seorang petinggi kelompok radikal tersebut. Ketika bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Junaedi mengatakan bahwa dirinya diiming-imingi penghasilan yang besar dan kehidupan yang tenteram bila bersedia pergi ke Suriah.
Tukang Bakso Pro ISIS Ini Kecewa Hanya Dibayar Rp 600 Ribu Saat di Suriah
“Saat disampaikan, yang saya tahu di Suriah sudah tidak ada perang. Di sana bantu korban dan dapat bayaran besar tapi besarnya tidak diberi tahu,” ucap Junaedi di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (26/1/2016).

Tertarik dengan tawaran itu, ia pun bersedia pergi ke Suriah. Sebelum berangkat ke wilayah sarat konflik tersebut, Junaedi hanyalah seorang pedagang bakso di daerah Malang. Ia dan Abu Jandal hanya merupakan teman satu kampung.

Junaedi menambahkan bahwa dirinya dijanjikan gaji yang cukup besar, paling tidak, lebih besar dari penghasilannya berjualan bakso.

“Tidak disebutkan jumlahnya, tapi besar katanya. Lebih besar dari penghasilan bakso,” lanjut Junaedi.

Namun demikian, kenyataan berkata lain. Ketika sudah mendarat di Suriah, Junaedi hanya diberi gaji USD 50 per bulan, atau setara dengan Rp 600 ribu, oleh ISIS. Padahal, penghasilannya berjualan bakso di Malang bisa mencapai Rp 2,5 juta setiap bulannya.

“Lebih banyak penghasilan di Indonesia daripada di sana (Suriah). Saya dibayar 50 dolar per bulan atau sekitar 600ribu,” terangnya.

Junaedi pun memilih pulang ke Indonesia. Ia sempat bertengkar dengan Abu Jandal yang kecewa dengan keputusan Junaedi itu. Beruntung, Junaedi bisa pulang dengan selamat sampai ke Indonesia tanpa dihukum mati oleh ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gemura Menyayangkan Pihak Yang Melaporkan Anies Baswedan

Gemura Menyayangkan Pihak Yang Melaporkan Anies Baswedan

Jakarta – Terkait laporan yang dilayangkan pada Anies Baswedan perihal kata pribumi dalam berpidato, Gerakan ...