Home > Ragam Berita > Nasional > Uang Bergambar Relief Ramayana Ini Dianggap Desain Terbaik Di Asia

Uang Bergambar Relief Ramayana Ini Dianggap Desain Terbaik Di Asia

Jakarta – Akhir-akhir ini desain mata uang rupiah, khususnya uang kertas, selalu dihiasi dengan foto pahlawan nasional. Berbeda dengan dulu dimana uang kertas bahkan sempat dihiasi oleh gambar orang utan. Nah, di awal tahun 2016 ini netizen sempat dibuat heboh dengan beredarnya foto uang kertas baru pecahan Rp. 10.000 yang disebut bergambar ‘genderuwo’.

Uang Bergambar Relief Ramayana Ini Dianggap Desain Terbaik Di Asia

Menurut desas-desus yang beredar, uang kertas bergambar ‘genderuwo’ ini akan dirilis Bank Indonesia di tahun 2016. Wah, benar tidak ya?

Berdasar penelusuran tim Harian Indo, Senin (1/2/2016), foto uang kertas baru bergambar ‘genderuwo’ ini pertama kali beredar dan membuat heboh para pengguna Facebook. Ada yang percaya dan ada juga yang menyangsikan bahwa desain uang kertas ini akan diterbitkan BI tahun ini.

Usut punya usut, ternyata desain uang kertas ‘genderuwo’ ini memang pernah diterbitkan oleh Bank Indonesia, hanya saja itu terjadi pada tahun 1975 silam.

Nanag Hendarsah selaku Gubernur BI menjelaskan bahwa desain uang kertas yang sebenarnya bergambar muka relief Ramayana dari Candi Borobudur itu sempat dianggap sebagai desain terbaik di Asia. Desainnya sendiri dirancang oleh almarhum Junalies dan memiliki corak yang indah dan kental dengan unsur budaya Indonesia.


Baca juga:

Bupati Purwakarta Mengantar Sekarung Beras Untuk Warganya Yang Kesulitan Beli Beras

Sebanyak 1200 Angpao Dibagikan Oleh Klenteng Tay Kak Sie Semarang Untuk Warga Miskin

Jadi, kesimpulannya uang kertas bergambar ‘genderuwo’ yang disebut-sebut akan rilis tahun 2016 adalah kabar tidak benar alias hoax.

Sayang banget ya? Padahal desainnya keren. Bagaimana menurut Anda? (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Novel Baswedan Bantah Kesaksian yang Diberikan Miryam Dalam Sidang

Novel Baswedan Bantah Kesaksian yang Diberikan Miryam Dalam Sidang

Jakarta – Penyidik Komisi Pemverantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan membantah kesaksian mantan anggota Komisi II ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis