Home > Ragam Berita > Nasional > Pabrik Toshiba Dan Panasonic Hengkang Dari Indonesia, Mimpi Buruk Bagi Buruh

Pabrik Toshiba Dan Panasonic Hengkang Dari Indonesia, Mimpi Buruk Bagi Buruh

Jakarta – Toshiba dan Panasonic merupakan dua pabrikan besar yang merajai barang-barang elektronik di Indonesia. Namun, kini kedua pabrik itu yang sudah beroperasi cukup lama di Indonesia terpaksa harus tutup dan dampaknya, para buruh pun harus rela untuk kehilangan pekerjaannya.

Pabrik Toshiba Dan Panasonic Hengkang Dari Indonesia, Mimpi Buruk Bagi Buruh

Atas penutupan itulah maka Koneferasi Serikat Pekerja Indonesia menaksir akan ada sekitar 2500 buruh yang terancam di PHK. Salah satu pabrik terbesar Toshiba di Cikarang, telah ditutp dan beberapa pabrik lainnya dari Toshiba pun juga ditutup.

Seperti saat berbicara dengan wartawan, Selasa (2/2/2016), Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan bahwa hari ini (Selasa) Toshiba resmi tutup dan pada bulan April 2016 bakal dieksekusi. Said menambahkan bahwa saat in imasih sedang proses untuk negosiasi pesangon dan pelimpahan wewenang.

Selain Toshiba, Said juga menyatakan bahwa hal yang sama juga terjadi pada Panasonic di Pasuruan, Jawa Timur, yang sudah tutup apda awal tahun ini dan satu pabriknya lan di Kawasan Industri Bekasi juga ditutup bulan Februari 2016 ini. Oleh karena itu, degan tutupnya tiga pabrik toshiba dan dua pabrik panasonic ini diperkirakan akan mengakibatkan 2500 an orang menjadi pengangguran. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Jakarta – Beberapa waktu yang lalu Lembaga Survei Inddikator Politik Indonesia telah merilis hasil surveinya ...