Home > Ragam Berita > Internasional > Pentagon Bakal Digelontor Mega Dana Guna Antisipasi Agresi Rusia

Pentagon Bakal Digelontor Mega Dana Guna Antisipasi Agresi Rusia

Jakarta – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), atau yang biasa disebut dengan istilah Pentagon, akan melipatgandakan anggaran militernya untuk tahun depan. Hal itu dilakukan untuk menghadapi perkembangan teknologi militer Rusia yang sangat pesat beberapa tahun ke belakang ini.
Pentagon Bakal Digelontor Mega Dana Guna Antisipasi Agresi Rusia
Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (3/2/2016), anggaran militer AS akan ditingkatkan hingga mencapai USD582,7 miliar. Angka tersebut empat kali lebih besar dibandingkan budget militer AS di tahun sebelumnya.

”Kami memperkuat postur kami di Eropa untuk mendukung sekutu NATO kami dalam menghadapi agresi Rusia,” ujar Kepala Pentagon, Ashton Carter.

”Itu akan mendanai banyak hal. Rotasi pasukan AS di Eropa, pelatihan lebih banyak dengan sekutu kami, dan perbaikan infrastruktur pendukung,” lanjutnya.

Berbicara dalam forum Economic Club of Washington, Carter memaparkan bahwa pengajuan “mega dana” itu sebenarnya telah sejalan dengan kesepakatan Kongres di tahun 2015 lalu. Kala itu, Pentagon diminta untuk menghadapi tantangan dari lima negara yang dianggap sebagai “ancaman terbesar” bagi AS, yakni Rusia, China, Korea Utara, Iran dan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

”Keamanan lingkungan hari ini adalah secara dramatis berbeda dari yang kita hadapi selama 25 tahun terakhir dan itu membutuhkan cara berpikir dan cara-cara baru untuk bertindak,” tandas Carter. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...