Home > Ragam Berita > Ekonomi > Gawat, Sejumlah Perusahaan Raksasa akan PHK Ribuan Buruh Indonesia

Gawat, Sejumlah Perusahaan Raksasa akan PHK Ribuan Buruh Indonesia

Jakarta – Ribuan buruh yang bekerja pada sektor industri padat modal dikabarkan telah mulai merasakan “gelombang” pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran. Di samping buruh-buruh yang sudah diberhentikan, terdapat puluhan ribu buruh lainnya yang juga berpotensi kehilangan pekerjaannya dalam waktu yang tidak lama lagi.
Gawat, Sejumlah Perusahaan Raksasa akan PHK Ribuan Buruh Indonesia
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan bahwa beberapa perusahaan industri raksasa maupun menengah sudah pasti bakal melakukan PHK terhadap puluhan ribu buruhnya. Pemecatan itu akan berlangsung pada sekitar bulan Januari hingga Maret 2016.

Perusahaan yang sudah jelas bakal melakukan PHK besar-besaran adalah PT Panasonic (ada dua pabrik di Cikarang dan Pasuruan), PT Toshiba, PT Shamoin, PT Starlink, PT Jaba Garmindo (tekstil), dan PT Ford Indonesia.

Selain itu, beberapa pemain industri otomotif nasional juga bakal melakukan langkah yang serupa. Mereka antara lain seperti PT Yamaha, PT Astra Honda Motor, dan PT Hino.

Said melanjutkan, perusahaan pendukung industri otomotif, seperti perusahaan komponen atau spareparts, juga “latah” melakukan PHK terhadap buruhnya. Perusahaan itu antara lain PT Astra Komponen, PT AWP, PT Aishin, PT Mushashi, dan PT Sunstar.

“Oleh karenanya, KSPI mendesak pemerintah wajib melindungi ribuan buruh yang sudah ter-PHK tersebut dan puluhan ribu lainnya yang terancam PHK di sektor elektronik, garmen, tekstil, motor, komponen motor dan mobil, perminyakan, serta jasa penunjang perminyakan dan pertambangan,” tutur Said, sebagaimana dilansir dari Republika, Selasa (2/2/2016).

Dengan adanya gelombang PHK ini, sekitar 20 ribu buruh berencana akan melakukan aksi menuju Istana Negara dna Mahkamah Agung pada 6 Februari 2016. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Harga Minyak Dunia Menurun Karena Persediaan di Amerika Serikat Bertambah

Harga Minyak Dunia Menurun Karena Persediaan di Amerika Serikat Bertambah

Jakarta – Harga minyak dunia dinyatakan turun tipis pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis