Home > Ragam Berita > Nasional > Ustadz Shiddiq Al-Jawi Mengatakan Imlek Adalah Hari Raya Agama Kafir

Ustadz Shiddiq Al-Jawi Mengatakan Imlek Adalah Hari Raya Agama Kafir

Jakarta – Di media sosial Facebook, Ust. Shiddiq Al-Jawi dari DPP HTI mengatakan bahwa Imlek adalah Hari Raya Agama Kafir dan bukan sekedar tradisi. Oleh karena itu, haram bagi muslim untuk ikut merayakannya.

Ustadz Shiddiq Al-Jawi Mengatakan Imlek Adalah Hari Raya Agama Kafir

Ilustrasi perayaan Imlek

Namun demikian, seperti dilansir dari Islamnkri.com, Senin (8/2/2016), benarkah apa yang diucapkan ustad tersebut mengenai Imlek?

Menurut Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) DPW Jakarta, Syarif Tanudjaja, Tahun Baru Cina atau Imlek bukanlah sebuah bentuk perayaan agama. Hari spesial untuk kaum Tionghoa itu merupakan perayaan yang murni bersifat budaya.

Ustadz Shiddiq Al-Jawi Mengatakan Imlek Adalah Hari Raya Agama Kafir

Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) DPW Jakarta, Syarif Tanudjaja.
(sumber: Islamnkri.com)

“Tahun Baru Imlek itu bukan perayaan agama, itu lebih ke tradisi kami (warga etnis Tionghoa). Memang kami sudah berpindah agama, tapi itu bukan berarti harus kehilangan akar budaya dan tradisi,” terang Syarif.

Memang tak bisa dipungkiri, perayaan Imlek juga diwarnai dengan acara bersih-bersih patung dewa Konghucu. Namun, untuk para muslim Tionghoa, ritual seperti itu sudah sejak lama ditinggalkan.

Para muslim Tionghoa hanya merayakannya dengan bentuk saling bersilaturahmi bersama keluarga besar, tanpa ada bumbu-bumbu kemusyrikan atau menyekutukan Allah SWT.

“Banyak yang masih berpikir bahwa Imlek itu ritual agama tertentu, makanya mungkin heran juga (melihat kami merayakannya),” lanjut Syarif.

Imlek memang sangat kental dengan agama Konghucu. Padahal, menurut Syarif, budaya ini sudah ada jauh sebelum Konghucu muncul, dan dirayakan untuk menyambut datangnya musim semi.

“Tapi sebenarnya kalau mau tahu sejarahnya, itu sudah dirayakan jauh sebelum Konghucu lahir, sudah 4.000-an tahun yang lalu. Jadi Imlek bukan perayaan agama,” tandas Syarif. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Jakarta – Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia Yusril Ihza Mahendra, akan membagi gugatan menjadi dua ...