Home > Ragam Berita > Nasional > Sejarahwan JJ Rizal Mengisahkan Awal Mula Nama Kalijodo

Sejarahwan JJ Rizal Mengisahkan Awal Mula Nama Kalijodo

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali melontarkan wacana untuk menertibkan kawasan Kalijodo, yang kini dikenal sebagai lokalisasi dan tempat mabuk-mabukan. Di tahun 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta kabarnya siap membersihkan kawasan yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara tersebut.

Sejarahwan JJ Rizal Mengisahkan Awal Mula Nama Kalijodo

Sekilas meniliki sejarah, sebenarnya sejak kapan Kalijodo menjelma menjadi kawasan lokalisasi? Hal tersebut coba dijelaskan oleh JJ Rizal, sejarawan dari Universitas Indonesia.

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (11/2/2016), awalnya di tahun 1950-an Kalijodo merupakan tempat ‘hangout’ paling bergengsi bagi pasangan muda-mudi Jakarta. Kawasan ini disebut Kalijodo karena memang lokasinya di pinggir sungai dan banyak muda-mudi Jakarta yang bertemu jodohnya disini.

“Kawasan itu sangat terkenal di tahun 1950-an. Banyak pasangan saat itu yang pertemuannya bermula di Kalijodo, dari sekedar ketemu, hingga akhirnya kepincut dan menjadi pasangan suami-istri. Makanya disebut Kalijodo,” jelas Rizal.

Namun di tahun 1970-an, kawasan Kalijodo mulai beralih menjadi lokasi prostitusi, citranya pun menjadi negatif. Alih fungsi ini sendiri bermula dari tercemarnya lingkungan di sekitar kali, sehingga kawasan yang awalnya asyik untuk mencari jodoh, justru berubah menjadi tempat berselingkuh dengan perempuan bayaran.


Baca juga:

Menurut Ahmad Dhani, Jadi Gubernur Harus Suka Belanja

Ahok Berkoordinasi Dengan Polisi Dan TNI Untuk Gusur Kalijodo

Jika nantinya Ahok berhasil menertibkan kawasan Kalijodo, bisa saja kawasan ini kembali menjadi tempat cari jodoh ya? (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Hampir Sebulan, Gunung Agung Masih Berstatus Awas

Hampir Sebulan, Gunung Agung Masih Berstatus Awas

Karangasem – Sudah 28 hari Gunung Agung diitetapkan status awas akibat aktivitas vulkanisnya. Namun, belum ...