Home > Ragam Berita > Nasional > Jet Tempur Indonesia Fighter Xperiment 4.5 Generation Disebut Bakal Lebih Canggih Dibanding F-16

Jet Tempur Indonesia Fighter Xperiment 4.5 Generation Disebut Bakal Lebih Canggih Dibanding F-16

Jakarta – Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) tidak hanya akan memproduksi pesawat penumpang saja. Perusahaan yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, itu bakal membuat pesawat jet tempur yang bakal memperkuat jajaran Alusista nasional.
Jet Tempur Indonesia Fighter Xperiment 4.5 Generation Disebut Bakal Lebih Canggih Dibanding F-16
Dari penelusuran Harian Indo, Senin 915/2/2016), pesawat yang bakal dibuat oleh PT DI tersebut merupakan hasil kerjasama dengan militer Korea Selatan. Pesawat yang bakal dihasilkan dari kerjasama itu akan diberi nama Indonesia Fighter Xperiment (IFX) 4.5 Generation.

Dari namanya, IFX merupakan pesawat jet tempur generasi 4,5. Saat ini, para ilmuwan dan mekanik sedang bekerja keras untuk membuat dan merevisi desain, sekaligus mulai membangun purwarupa dari IFX.

Prototype dari pesawat tempur futuristik ini diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2019. Bila jadwal tersebut terpenuhi, maka paling cepat IFX sudah bisa mulai diproduksi pada tahun 2024 atau 2025.

“Tahun ini kami membuat prototype dan melakukan uji terbang,” terang Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso.

Dalam pembuatannya, PT DI akan berkolaborasi dengan Korean Aerospace Industries (KAI). PT DI akan menanggung 20 perse biaya pengembangan IFX, sementara perusahaan Korsel itu menanggung sisanya.

Dengan mengaplikasikan berbagai teknologi terkini, IFX diperkirakan bakal memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibandingkan dengan pesawat jet F-16 buatan Amerika Serikat. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Jakarta – Panitia Khusus Hak Angket DPR terhadap KPK akan segera mengakhiri masa kerja dan ...