Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Apa Sebenarnya Perbedaan dari Mentega dan Margarin?

Apa Sebenarnya Perbedaan dari Mentega dan Margarin?

Jakarta – Bagi Anda yang masih baru dalam dunia masak-memasak, membedakan mentega dan margarin mungkin masih sulit.

Apa Sebenarnya Perbedaan dari Mentega dan Margarin?

Kedua bahan makanan ini memang sekilas tampak sama. Namun sebenarnya ada perbedaan yang sangat mendasar diantara keduanya. Apa sajakah? Perhatikan pembahasan berikut ini yang dilansir dari vemale.com (Sabtu, 20/2/2016):

Mentega (Butter)

Mentega atau butter ini terbuat dari lemak susu hewani seperti sapi atau domba. Mentega rasanya lebih gurih dan beraroma dibandingkan margarin. Mentega punya dua jenis Ladies. Ada mentega asin (salted butter) dan mentega manis (unsalted butter). Untuk teksturnya mentega lebih mudah mencair, sehingga lebih baik disimpan di wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam lemari es.

Margarin

Margarin terbuat dari minyak nabati atau tumbuh-tumbuhan seperti kelapa dan lain sebagainya. Margarin cenderung kurang beraroma. Margarin hanya memiliki rasa asin saja. Tekstur margarin lebih padat dibandingkan mentega. Karenanya margarin tak mudah meleleh karena memiliki titik beku yang rendah.

Itu tadi perbedaan yang jelas di antara keduanya Ladies. Margarin dan mentega harus disimpan dengan rapi di dalam wadah tertutup setelah dibuka dari kemasannya agar tidak terkontaminasi debu, kotoran dan bakteri jamur di suhu ruangan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Puding Lumut Pandan, Jajanan Pas saat Hari yang Panas

Resep Puding Lumut Pandan, Jajanan Pas saat Hari yang Panas

Jakarta – Hari sedang panas dan kamu ingin ngemil yang manis-manis dan dingin, bagaimana kalau ...