Home > Ragam Berita > Nasional > Belanja Menggunakan Kantong Plastik? Siap-Siap Membayar Rp 5000

Belanja Menggunakan Kantong Plastik? Siap-Siap Membayar Rp 5000

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini (21/2/2016) resmi memberlakukan aturan kantong plastik berbayar di setiap tempat perbelanjaan seperti pasar, swalayan, minimarket, dan lain-lain.

Belanja Menggunakan Kantong Plastik? Siap-Siap Membayar Rp 5000

Orang yang berbelanja akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5.000 jika ingin menggunakan kantong plastik.

“Tas kresek atau kantong plastik harus berbayar baik di pasar tradisional maupun di retail-retail modern. Mereka harus membayar paling tidak Rp5.000 apabila ingin membeli tas kresek,” kata Djarot Saiful Hidayat Wakil Gubernur DKI Jakarta pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di kawasan Bundaran HI Jakarta (Minggu, 21/2/2016).

Djarot menambahkan, deklarasi pemberlakuan kantong plastik berbayar dilakukan karena sebagian besar sampah di Jakarta berasal dari kantong plastik yang baru bisa terurai antara 500 hingga 1.000 tahun ke depan.

Uji coba kantong plastik di Jakarta telah dilakukan sejak sebulan yang lalu dan akan dievaluasi sebagai tindak lanjut untuk membuat regulasi ke dalam peraturan gubernur (Pergub) ataupun peraturan daerah (Perda).

Dalam kesempatan yang sama, Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan sistem kantong plastik berbayar yang dilakukan serentak di 22 kota, termasuk Bandung, Makassar dan Surabaya, ini akan diuji coba selama enam bulan dengan evaluasi berkala selama tiga bulan sekali.

“Persoalan sampah kewenangannya di pemerintah kota, sementara pemerintah pusat memberikan pendampingan, dukungan, standar dan sebagainya,” kata Siti. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Jakarta – Arief Poyuono selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra memastikan bawha tidak akan ikut ...