Home > Ragam Berita > Nasional > KIP Menilai Pasha Tidak Membawa Berkah Tapi Musibah Bagi Warga Palu

KIP Menilai Pasha Tidak Membawa Berkah Tapi Musibah Bagi Warga Palu

Palu – Sosok Pasha Ungu tengah menjadi sorotan publik Indonesia. Di hari keduanya “ngantor” sebagai Wakil Wali Kota Palu, ia langsung memarahi PNS yang tertawa ketika upacara. Sebelumnya, pemilik nama Sigit Purnomo Said itu juga sempat menolak secara kasar permintaan wawancara dari awak media.
KIP Menilai Pasha Tidak Membawa Berkah Tapi Musibah Bagi Warga Palu
Untuk sikap yang terakhir itu, Pasha kemudian mendapatkan peringatan dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Ketua KIP, Abdulhamid Dipopramono, menuturkan bahwa seharusnya, pejabat publik, kepala daerah, seperti misalnya gubernur dan wakilnya, bupati dan wakilnya, walikota dan wakilnya, atau bahkan sampai camat dan kepala desa, tidak boleh menolak diwawancarai oleh wartawan, apalagi dengan sikap yang demikian kasar.

“Apalagi jika penolakan itu dilakukan secara kasar, hal ini melecehkan profesi wartawan sebagai insan yang memiliki tugas mencari dan menyampaikan informasi kepada publik,” ujar Hamid dalam siaran persnya, Minggu (21/2/2016).

KIP Menyorot aksi Pasha karena yang meminta wawancara adalah dua media yang “tidak main-main”, yakni MNC Group dan NET TV. Hamid menjelaskan bahwa penolakan Pasha tersebut bisa dikategorikan sebagai usaha menghalang-halangi kerja jurnalistik sesuai UU Nomor40/1999 tentang Pers, serta melanggar prinsip keterbukaan informasi seperti tertera dalam UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Lebih jauh, Hamid mengatakan bahwa terpilihnya Pasha sebagai wakil wali kota Palu tidak akan menjadi sebuah berkah, melainkan sebuah musibah, bagi masyarakat Palu. Sebab, Pasha dinilai tidak mendukung semangat keterbukaan informasi kepada publik. Padahal keterbukaan informasi ini sangat berguna agar publik bisa mengetahui perencanaan kebijakan, pelaksanaan, dan pengawasan kebijakan publik yang akan dikeluarkan oleh pemerintah. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...