Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Ini Menilai Jokowi dan Ahok adalah Pasangan Ideal

Pengamat Ini Menilai Jokowi dan Ahok adalah Pasangan Ideal

Jakarta – Sosiolog dari Universitas Indonesia, Thamrin Amal Tomagola, mencoba sedikit bernostalgia mengenang “indahnya” masa kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketike keduanya masing-masing masih menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.
Pengamat Ini Menilai Jokowi dan Ahok adalah Pasangan Ideal
Menurut Thamrin, Jokowi dan Ahok memang pasangan yang ideal untuk menjadi pemimpin daerah. Ia bahkan menyamakan kecocokan mereka dengan Presiden ke-1 RI dan Wapres ke-1 RI, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta.

“Dulu kita punya pasangan yang ideal, yaitu Soekarno dan Hatta. Soekarno orangnya banyak omong, nah Hatta yang mengurus administrasinya. Mereka saling melengkapi,” tutur Thamrin kepada awak media di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Senin (22/2/2016).

Hal yang kurang lebih serupa juga terjadi pada Jokowi-Ahok. Ini bisa dilihat dari gaya kepemimpinan Jokowi yang cenderung tenang dan pendiam diimbangi dengan Ahok yang tegas dan mungkin relatif keras.

Ditambah lagi, Jokowi yang kerap melakukan blusukan juga diimbangi dengan Ahok yang lebih sering berada di kantor untuk mengurusi hal lainnya. Intinya, keduanya saling melengkapi.

“Dengan sifat Jokowi seperti itu, dia harus ditemani orang yang tegas. Itulah yang dilakukan Ahok. Dia pecat-pecatin orang sambil ngata-ngatain. Jokowi enggak begitu, tetapi diam-diam dia tanda tangani persetujuan pemecatan. Nah, saling melengkapi,” papar Thamrin.

Terkait Pilgub 2017, Thamrin menyarankan agar Ahok mencari calon pendamping yang cenderung kalem dan pendiam, namun juga tegas dan bisa mengisi kekosongan “ruang” yang tak bisa dilengkapi oleh Ahok sendirian.

“Jadi, siapa yang cocok jadi pendamping Ahok? Itu adalah orang yang berlawanan dengan Ahok yang keras dan tegas. Saya rasa harus orang Jawa, yang soft,” pungkas Thamrin. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Terlarang, Foto Ibu Bhayangkari Inisial PWA Tersebar di Medsos

Hubungan Terlarang, Foto Ibu Bhayangkari Inisial PWA Tersebar di Medsos

Kendari – Hampir berbarengan dengan penyebaran informasi dugaan hubungan terlarang antara ibu bhayangkari berinisial PWA ...