Home > Ragam Berita > Nasional > Pacitan Diguncang Gempa 5,3 SR

Pacitan Diguncang Gempa 5,3 SR

Pacitan – Gempa bumi kembali melanda Indonesia dan pada hari Jumat (26/2/2016) pagi kemarin bencana alam tersebut melanda Kota Pacitan dengan skala 5,3 SR. Meski bukanlah tergolong gempa yang ebrkekuatan besar, namun gempa tersebut dirasakan sampai di Yogyakarta.

Pacitan Diguncang Gempa 5,3 SR

Seperti saat berbicara dengan wartawan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo, mengatakan bahwa sumber gempa itu berada di zona pertemuan antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Pusat gempa itu ada di Samudera Hindia dengan kedalaman 10 km yang berada pada titik koordinat 9.02 LS,111.44 BT (100 km Tenggara Pacitan-Jawa Timur).

Genpa bumi yang yang terjadi pagi hari tersebut dirasakan oleh hampir seluruh warga Pacitan. Namun, Sutopo menegaskan bahwa gempa itu takkan berpotensi menimbulkan tsunami. Karena tak berskala besar, maka warga Pacitan pun tak begitu panik dan tetap menjalankan aktivitasnya dengan normal kembali. Indonesia memang salah satu negara yang rawan terjadi gempa karena memang lokasinya yang diapit beberapa lempengan bumi. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Jakarta – Kader Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial, Khofifah Indar ...