Home > Ragam Berita > Nasional > Film Indonesia Bersaing di Oscar 2016 di Kategory Documentary

Film Indonesia Bersaing di Oscar 2016 di Kategory Documentary

Jakarta – Film dokumenter berjudul “The Look of Silence” terpilih masuk ke dalam kategori Documentary dalam ajang penghargaan Oscar 2016. Film karya sutradara Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer, tersebut bakal bersaing dengan Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom.
Film Indonesia Bersaing di Oscar 2016 di Kategory Documentary
Film The Look of Silence sendiri memiliki judul lainnya dalam bahasa Indonesia, yakni “Senyap”. Film ini menyoroti peristiwa pembunuhan massal yang terjadi di Indonesia pada masa transisi politik berdarah di akhir pemerintahan Presiden Soekarno.

Dalam film dokumenter itu, diceritakan bagaimana seorang pria yang mencari tahu tentang kisah pembantaian anggota dan simpatisan satu golongan politik di masa itu. Pria ini memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap peristiwa keji tersebut karena kakak kandungnya sendiri telah menjadi korban karena dikait-kaitkan dengan kelompok tersebut.

Selama ini, topik tersebut memang snagat sensitif untuk dibahas di ruang publik. Maka dari itu, judul “Senyap” pun sangat pas digunakan untuk menggambarkan situasi tersebut.

“Saya harap film ini menjadi sebuah puisi tentang kesenyapan yang lahir dari teror – sebuah puisi tentang pentingnya memecah kesenyapan itu, tetapi juga tentang trauma yang datang ketika kesenyapan itu dipecahkan,” tulis Oppenheimer di situs resmi film tersebut.

“Tak ada yang bisa menghidupkan kembali mereka yang telah mati. Kita harus berhenti, mengakui kehidupan yang telah dilumatkan, dan memaksa diri untuk mendengarkan kesenyapan yang menyusulnya,” lanjut sutradara yang menetap di Demark tersebut.

Film ini dinilai sangat impresif dan mampu membawa penontonnya larut dalam suasana suram dan ngeri yang tercipta dari kisah-kisah nostalgia orang-orang lansia yang menjadi narasumbernya. Oleh karena itu, Senyap atau The Look of Silence pun pantas masuk ke dalam nominasi Oscar dan bersaing dengan film-film dokumenter kelas dunia lainnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Jakarta – Sejak hari rabu (11/10/2017) lalu pemerintah telah secara resmi mengambil alih pengelolaan sertifikasi ...