Home > Ragam Berita > Nasional > Penggusuran Kalijodo, Walikota Jakut : “InsyaAllah Selesai Hari Ini Pukul 12.00 WIB”

Penggusuran Kalijodo, Walikota Jakut : “InsyaAllah Selesai Hari Ini Pukul 12.00 WIB”

Jakarta – Petugas Pemprov DKI Jakarta tak memerlukan waktu lama untuk meratakan sekitar 620 bangunan permanen dan smei permanen di kawasan Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut). Bahkan, Wali Kota Jakut, Rustam Effendi, mengatakan bahwa penggusuran yang dilaksanakan pada Senin (29/2/2016) sejak pukul 07.30 WIB itu akan terselesaikan pada siang hari sekitar pukul 12.00 WIB.
Penggusuran Kalijodo, Walikota Jakut : "InsyaAllah Selesai Hari Ini Pukul 12.00 WIB"
“InsyaAllah selesai hari ini sekitar pukul 12.00 WIB,” ujar Rustam, sebagaimana dilansir dari Rimanews, Senin 929/2/2016).

Dari 620 bangunan tersebut, 68 di antaranya merupakan bangunan cafe dan tempat hiburan malam yang juga mempraktikkan bisnis prostitusi. Sedangkan sisanya adalah bangunan rumah dan warung makan, kopi, maupun kelontong. Terdapat pula beberapa tempat ibadah yang juga dihantam oleh mesin eskavator milik pemprov DKI jakarta.

Adapun untuk proses pembersihan puing-puing bangunan di Kalijodo diperkirakan baru akan selesai dalam waktu tiga atau empat hari. Setelah itu, pengelolaan lahan terbuka bekas bangunan-bangunan di Kalijodo tersebut akan diserahkan kepada Dinas Pertamanan.

“Nanti terserah Dinas Pertamanan mau bikin ruang terbuka hijau ini seperti apa,” tutur Rustam.

Sejak dimulai pada pukul 07.30 WIB, hingga sekitar pukul 10.00 WIB proses pengusuran Kalijodo sudah berjalan 85 persen. Mayoritas bangunan liar yang berdiri di lahan seluas 1,4 hektar (masuk wilayah Jakarta Utara) dan 5.000 meter persegi (masuk wilayah Jakarta Barat) itu sudah hancur lebur digempur oleh mesin berat milik Pemprov DKI. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Mensos Imbau Kader NU Bisa Menghargai Perbedaan Pilhan saat Pilgub

Jakarta – Kader Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial, Khofifah Indar ...