Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolda Mintai Keterangan PLN Terkait Bungkus Kabel di Gorong-gorong

Kapolda Mintai Keterangan PLN Terkait Bungkus Kabel di Gorong-gorong

Jakarta – Belum lama ini, tengah mengemuka kasus penemuan sampah kabel di gorong-gorong yang berlokasi di kawasan Medan Merdeka Selatan. Untuk mendalami kasus tersebut, Polda Metro Jaya pun membentuk tim gabungan.
Kapolda Mintai Keterangan PLN Terkait Bungkus Kabel di Gorong-gorong
“Sedang ditangani oleh tim, Dirkrimsus dengan Sudin Tata Air termasuk jajaran pemda lainnya, tapi prinsip utamanya kita mau melihat kumpulan kabel ini lama atau baru,” terang Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, kepada awak media yang menemuinya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (3/3/2016).

Melalui tim gabungan itu, diharapkan kasus pembuangan sampah dalam jumlah sangat besar dan menyumbat aliran air tersebut bisa segera terungkap. Penelusuran terkini mengatakan bahwa rekam jejak sampah itu bisa dilihat dari umur produk yang dibuang tersebut.

“Kalau lama itu kan bisa diketahui, PLN paham bahwa ini barang merk lama atau baru, kalau barang ini pengadaan kontrak tahun berapa, kalau diketahui ini barang lama, persolannya kenapa dibuang disana, enggak diangkat dari dulu. Kan potensi untuk menyumbat,” tutur Tito lagi.

Dari sana, sambung Tito, pihak kepolisian kemudian bisa menyelidiki apakah ada unsur pidana dalam kelalaian kerja tersebut.

“Kedua, kita cari apakah ada unsur pidananya enggak di situ, kalau ini baru kita dalami lagi kenapa dibuang di sana, siapa yang membuang dan motifnya apa,” tambah Tito.

Adapun saat ini, proses penyelidikan masih terus berlanjut. Tim gabungan tersebut pun sudah meminta keterangan pada beberapa saksi.

“Ini sedang berjalan. ada koordinasi dengan PLN dan memeriksa sejumlah saksi saksi PLN dan Kontraktor. Yang paling utama kita menunggu itu baru atau lama, kita akan cari apakah ada kemungkinan merusak lingkungan atau tidak.” pungkasnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Jakarta – Permasalahan Ormas di negara ini seperti masih hangat untuk diperbincangkan. Yang terbaru, Direktur ...