Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolda Curigai Ada Pencurian Tembaga Dibalik Sampah Pembungkus Kabel

Kapolda Curigai Ada Pencurian Tembaga Dibalik Sampah Pembungkus Kabel

Jakarta – Temuan kulit kabel di saluran air di Jalan Medan Merdeka Selatan hingga kini terus didalami oleh penyidik Polda Metro Jaya. Kabel-kabel itu diduga sebagai penyebab ergenangnya jalanan di ring satu atau sekitar Istana Negara ketika hujan turun.

Kapolda Curigai Ada Pencurian Tembaga Dibalik Sampah Pembungkus Kabel

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian berpendapat, banyak sekali motif yang bisa digunakan dalam peletakan kulit kabel ini. Salah satunya adalah dugaan tindak pidana pencurian tembaga dalam kabel.

“Bisa saja pencurian kabel, (pelakunya) orang yang tahu di situ ada kabel. Istilahnya harta terpendam itu sebetulnya. Karena punya nilai ekonomis,” kata Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (3/3/2016).

Menurutnya, apabila memang terdapat tindak pidana pencurian, maka pelaku bisa saja hanya mengambil tembaga yang menjadi pelindung logam dalam kabel. Agar tak terlalu mencolok, diduga pelaku mengambil sedikit demi sedikit tembaga dengan memotong kabel dalam beberapa bagian.

“Sehingga kupasannya, bungkusnya tertinggal. Itu yang sangat mungkin terjadi. Kalau diangkat dengan kabel-kabelnya ketahuan karena harus bongkar jalan,” ujar Tito.

Sebelumnya. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuding adanya sabotase agar terjadi banjir dengan peletakan kabel-kabel tersebut di jalan Medan Merdeka Selatan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...