Home > Hiburan > Gosip > Kabar Duka, Penyanyi Jazz Ireng Maulana Meninggal Dunia

Kabar Duka, Penyanyi Jazz Ireng Maulana Meninggal Dunia

Jakarta – Musisi jazz ternama Indonesia, Ireng Maulana, menhembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (6/3/2016) dini hari tadi akibat serangan jantung.

Kabar Duka, Penyanyi Jazz Ireng Maulana Meninggal Dunia

Ungkapan berduka cita pun berdatangan. Salah satunya datang dari pengagas Java Jazz Festival Peter F. Gontha melalui akun media sosial Twitter resmi miliknya @PeterGontha.

“Baru meninggal dengan tenang karena serangan jantung Tokoh musik Indonesia, Ireng Maulana,” tulis akun tersebut (Minggu, 6/3/2016).

Akun Twitter dari Jakarta International Java Jazz Festival, @JavaJazzFest, juga turut menulis ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya Ireng.

“Selamat jalan legenda jazz Indonesia, Ireng Maulana #RIPIRENGMAULANA,” tulis @JavaJazzFest.

Ireng yang memiliki nama kecil Eugene Lodewijk Willem Maulana lahir di Jakarta pada 15 Juni 1944. Adik dari gitaris jazz kenamaan Kiboud Maulana itu turut berperan dalam menggagas dan menyelenggarakan event Jakarta International Jazz Festival atau JakJazz, yang pertama kali hadir pada tahun 1988.

JakJazz pertama kali diselenggarakan pada 18,19, dan 20 November 1998 bertempat di Panggung Maxima dan drive-in Ancol, di mana sebelumnya pembukaannya digelar di TIM. Festival musik tersebut diikuti oleh tak kurang 150 musisi jazz dari 23 negara.

Beberapa nama besar di dunia Jazz yang mengisi acara tersebut antara lain gitaris jazz asal Amerika Serikat (AS) Lee Ritenour serta gitaris jazz fusion asal Jepang Kazumi Watanabe.

Ireng pada saat itu menobatkan JakJazz 1988 sebagai “Pesta Jazz Terbesar di Asia” setelah melakukan survei dan membandingkannya dengan festival serupa di negara-negara lain. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Bodi Personel Duo Serigala Tampak Kurus

Inilah Alasan Bodi Personel Duo Serigala Tampak Kurus

Jakarta – Ada yang berbeda dari penampilan grup dangdut Duo Serigala saat ini. Tubuh montok ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis