Home > Teknologi > Sains > Untuk Warga Jatim, Inilah Wilayah Yang Akan Dilalui Gerhana Matahari 9 Maret

Untuk Warga Jatim, Inilah Wilayah Yang Akan Dilalui Gerhana Matahari 9 Maret

Surabaya – Fenomena alam gerhana matahari total akan terjadi di 12 wilayah Indonesia. Beberapa wilayah lainm termasuk Jawa Timur masih dapat menikmati gerhana matahari sebagian pada Rabu (9/3) esok lusa. Berikut akan Harian Indo infokan wilayah mana saja yang paling jelas dilewati gerhana matahari sebagian.

Untuk Warga Jatim, Inilah Wilayah Yang Akan Dilalui Gerhana Matahari 9 Maret

Berdasar hasil penelusuran tim Harian Indo, Senin (7/3/2016), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur telah melakukan hisab yang menunjukkan sejumlah wilayah yang akan dilewati gerhana matahari sebagian.

Seperti dijelaskan oleh H. Shofiyulloh ST MSi selaku Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jatim, gerhana matahari sebagian akan melewati sejumlah wilayah seperti Banyuwangi dan sekitarnya, Probolinggo dan sekitarnya, Pamekasan dan sekitarnya, Malang dan sekitarnya, Surabaya dan sekitarnya, Bojonegoro dan sekitarnya, Kediri dan sekitarnya, Blitar dan sekitarnya, serta wilayah Madiun dan sekitarnya.

Khusus untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, gerhana matahari sebagian akan terjadi sekitar 2 jam 18 menit 17 detik mulai pukul 06.21.20 hingga 08.39.37, dengan lebar gerhana 86,04 persen.

PWNU sendiri mengimbau masyarakat Jatim untuk menyambut datangnya gerhana matahari yang merupakan peristiwa yang langka dan istimewa. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...