Home > Ragam Berita > Internasional > Gerhana Matahari Sebagian Juga Bisa Dinikmati Oleh Warga Singapura

Gerhana Matahari Sebagian Juga Bisa Dinikmati Oleh Warga Singapura

Singapura – Gerhana matahari total yang merupakan fenomena astronomi langka juga bisa dilihat dari langit Singapura. Meski demikian, gerhana yang dilihat hanyalah gerhana matahari parsial.

Gerhana Matahari Sebagian Juga Bisa Dinikmati Oleh Warga Singapura

Seperti dilansir dari Channel News Asia (Rabu, 9/3/2016), gerhana matahari di langit Singapura dimulai pada pukul 07.20 waktu setempat atau sekitar 10 menit setelah matahari terbit. Gerhana matahari di Singapura lalu mencapai puncak pada sekitar pukul 08.20 waktu setempat.

Ketika itu, sekitar 82 persen matahari akan tertutup bayangan bulan. Sebagai informasi tambahan, Waktu di Singapura 1 jam lebih cepat dari Jakarta.

Dr Abel, dosen Jurusan Fisika pada National University Singapura (NUS), mengutarakan kepada media setempat bahwasanya pada titik maksimum ini kondisi langit akan sama seperti sore hari. Gerhana matahari akan selesai sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

Gerhana matahari parsial di Singapura terakhir kali terjadi pada 10 Mei 2013 lalu. Namun saat itu, penampakan matahari ketika tertutup bayangan bulan sangat sulit disaksikan karena terjadi sesaat setelah matahari terbit.

Sejauh ini, total hanya ada sebanyak 146 gerhana matahari yang bisa dilihat di langit Singapura antara tahun 1700 hingga tahun 2100. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Shenzhen – Orang tua yang seharusnya memberikan contoh kepada anak-anaknya bagaimana mengendalikan diri justru terlibat ...