Home > Ragam Berita > Internasional > Hanya Lulusan SMP, Menteri Susi Berikan Kuliah Umum Di Harvard Kennedy School

Hanya Lulusan SMP, Menteri Susi Berikan Kuliah Umum Di Harvard Kennedy School

Boston – Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan RI memaparkan tiga strategi pembangunan perikanan Indonesia ketika berbicara di Harvard Kennedy School, Cambridge, Amerika Serikat, pada Senin (7/3/2016).

Hanya Lulusan SMP, Menteri Susi Berikan Kuliah Umum Di Harvard Kennedy School

Ketiga strategi yang dipaparkan oleh Susi adalah sovereignty, sustainability, dan prosperity. Dijelaskan oleh Menteri Susi, sebagai negara maritim yang tiga alurnya dipergunakan sebagai lalu lintas laut dunia dan panjang pantainya terpanjang kedua di dunia, sangat ironis apabila Indonesia tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari bidang kemaritiman. Penerimaan negara dari industri perikanan pada 2013 hanya sebesar Rp 227 miliar.

Semua itu ternyata disebabkan oleh pembiaran atas terjadinya penangkapan ikan secara ilegal. Lebih dari 10 ribu kapal milik perusahaan negara Tiongkok, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia melakukan penangkapan ikan secara tidak sah di perairan Indonesia.

“Menurut Wakil Presiden Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, setiap tahun minimal ikan yang ditangkap secara ilegal dari perairan Indonesia nilainya USD20 miliar,” kata Susi, di Boston (Senin, 7/3/2016).

Oleh karena itu, Susi berpendapat jika Indonesia harus menegakkan kedaulatannya.

“Saya mengatakan kepada para dubes agar mengingatkan para pengusaha di negaranya untuk segera membawa keluar kapal-kapal yang beroperasi secara ilegal di Indonesia. Kalau mereka masih melakukan itu, maka aparat keamanan Indonesia akan menangkapnya dan kemudian menenggelamkannya,” tegas Susi.

“Langkah tegas ini dilakukan bukan hanya untuk kepentingan Kementerian Kelautan dan Perikanan, tetapi juga untuk mencegah perdagangan manusia dan narkoba. Bahkan manfaat lebih lanjut konsumsi solar nasional turun tiga persen,” tambahnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Melania Trump Ingin Ada Ruang Khusus Untuk Dandan Di Gedung Putih

Melania Trump Ingin Ada Ruang Khusus Untuk Dandan Di Gedung Putih

Washington – Dalam sepekan ke depan, Donald Trump akan memulai masa jabatannya sebagai Presiden ke-45 ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis