Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Jokowi: Masyarakat Jangan Takut dan Khawatir dalam Menghadapi MEA

Presiden Jokowi: Masyarakat Jangan Takut dan Khawatir dalam Menghadapi MEA

Karanganyar – Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat tidak takut bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal tersebut pun telah diimplementasikan pada Desember 2015.

Presiden Jokowi: Masyarakat Jangan Takut dan Khawatir dalam Menghadapi MEA

“Jika saya dengar terutama di media sosial itu yang harus kita penuhi budaya-budaya etos kerja, budaya berpikir positive thinking, budaya optimisme yang harus kita bangun,” kata Presiden saat mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret Solo, pada Jumat (11/3/2016).

Menurut dia, beberapa negara ASEAN khawatir dengan persaingan dalam MEA. Jokowi menjelaskan, ada beberapa kepala negara yang mengaku bahwa negaranya khawatir diserbu tenaga kerja dari Indonesia.

”Artinya, negara-negara di sekitar kita takut dengan kita. Jadi, saya titip pesan, masyarakat jangan takut,” tegas Jokowi.

Sementara itu, terkait dengan tantangan masyarakat Indonesia ke depan, Jokowi menjelaskan bahwa persaingan bukan hanya produk barang dan jasa, melainkan juga kualitas individu dan sumber daya manusia.

Presiden pun meminta beberapa kampus memperkuat riset di bidang energi dan pangan. Tujuannya, memperkuat inovasi dan meningkatkan daya saing. (Tita Yanuantarti – harianindo.com)

x

Check Also

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Sabang- Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Simeulue, Jumat pagi. Badan Meteriologi Klimatologi ...