Home > Ragam Berita > Nasional > Ridwan Kamil Bakal Digugat karena Mengijinkan Pembangunan Gereja Rehoboth Berea

Ridwan Kamil Bakal Digugat karena Mengijinkan Pembangunan Gereja Rehoboth Berea

Bandung – Nama Ridwan Kamil terseret kasusd. Warga Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar akan melayangkan gugatan terhadap wali kota Bandung itu. Sebab, pihaknya menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) bagi jemaat Gereja Rehoboth Berea.

Ridwan Kamil Bakal Digugat karena Mengijinkan Pembangunan Gereja Rehoboth Berea

”Wali kota memaksakan kehendaknya. Padahal, warga tidak setuju dengan pendirian rumah ibadah tersebut,” kata Dadang Budiman, warga RW 6, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar, kepada media di depan Balai Kota Bandung, Kamis (10/3/2016).

Dia pun mengutarakan keluhannya. Warga telah tiga kali meminta untuk melakukan audiensi dengan wali kot. Namun, hal tersebut belum mendapat tanggapan.
Badan Pusat Perizinan Terpadu Kota Bandung menerbitkan IMB bagi pembangunan Gereja Rehoboth Berea pada akhir 2015. Padahal, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung telah menyegel rumah ibadah sejak 2013.

Sementara itu, imam besar Gerakan Reformis Islam Chep Hermawan menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah melarang umat agama lain membangun tempat ibadah. Syaratnya, pendirian tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut dia, aturan itu mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadah.

”Pendirian rumah ibadah harus mematuhi peraturan tersebut. Itu aturan yang disepakati seluruh agama, bukan Islam saja. Jad, jangan memaksakan kehendak,” tutur Hermawan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Pertanyakan Alasan Sandiaga Minta Keringanan Pada Polisi Terkait Kasusnya

Djarot Pertanyakan Alasan Sandiaga Minta Keringanan Pada Polisi Terkait Kasusnya

Jakarta – Kandidat wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat bicara terkait calon wakil ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis