Home > Ragam Berita > Nasional > Dispendukcapil Yogyakarta Bikin Pelayanan Akta Kelahiran Online

Dispendukcapil Yogyakarta Bikin Pelayanan Akta Kelahiran Online

Yogyakarta – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta bakal merilis pelayanan akta kelahiran online (dalam jaringan/daring) pada pekan ketiga Maret.

Dispendukcapil Yogyakarta Bikin Pelayanan Akta Kelahiran Online

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Sisruwadi menjelaskan, semuanya sudah siap. Mulai sistem hingga kebutuhan perangkat untuk menjalankan aplikasi. ”Pelayanan siap diluncurkan pekan ketiga Maret,” katanya di Yogyakarta pada Sabtu (12/3/2016).

Menurut dia, layanan tersebut termasuk dalam kategori akta online secara manual. Sebab, ada berkas-berkas fisik yang harus diberikan kepada pemohon. Tujuannya, memperoleh salinan akta kelahiran. Nah, layanan tersebut dapat diakses melalui laman pelayanan akta online dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sementara itu, saat mengambil salinan akta kelahiran, warga wajib membawa berbagai syarat. Antara lain, fotocopy KTP, KK, serta buku atau akta nikah.

”Pelayanan akta kelahiran secara online tidak hanya berlaku untuk kelahiran baru, keterlambatan mengurus akta kelahiran juga bisa. Hanya, syaratnya berbeda,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Yasonna Tegaskan Rekomendasi Pansus Tidak Bakal Lemahkan KPK

Jakarta – Panitia Khusus Hak Angket DPR terhadap KPK akan segera mengakhiri masa kerja dan ...