Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Berikan Tanggapan Tentang Demo Sopir Angkutan Umum Hari Ini

Ahok Berikan Tanggapan Tentang Demo Sopir Angkutan Umum Hari Ini

Jakarta – Awal pekan ini ratusan sopir taksi menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta. Mereka turun ke jalan untuk menuntut pemerintah agar bertindak tegas terhadap penyedia jasa taksi online.

Ahok Berikan Tanggapan Tentang Demo Sopir Angkutan Umum Hari Ini

Berdasar pantauan tim Harian Indo, Senin (14/3/2016), menanggapi demo sopir taksi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkap bahwa dirinya sudah menghubungi pihak penyedia layanan taksi online agar mengikuti aturan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI. Namun hingga saat ini himbauan Ahok belum juga digubris.

“Kita sudah hubungi Uber. Kalau mau beroperasi, mereka harus sesuai aturan Dishub. Kita bukan melarang, kan memang sudah zamannya berbasis aplikasi, tapi aturan tetap ada. Kalau enggak, kasihan perusahaan taksi konvensional, penumpang makin berkurang. Sopir taksi juga penghasilan berkurang,” jelas Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Ahok menambahkan, meski telah berulang kali melarang taksi online untuk beroperasi, toh pihaknya kesulitan untuk mendeteksi para pelaku taksi online. Karena memang bentuk taksi online tak ada bedanya dengan mobil normal yang berseliweran di Jakarta.

Menurut Ahok, seharusnya penyedia jasa taksi online didata oleh pihak Dishubtrans dan setiap mobil yang beroperasi diberi stiker atau tanda khusus agar ikut membayar pajak kendaraan umum seperti taksi lainnya. Ia pun menyontohkan keberadaan taksi online seperti Uber dan Grab di Singapura yang kini sudah menjadi legal.

“Kita sudah ngelarang. Mungkin ke depan kita harus jebak, seperti membongkar prostitusi online,” pungkas Ahok. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mempermasalahkan perbedaan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang ...