Home > Ragam Berita > Internasional > Teror Mobil Bom, Turki vs Kurdi-ISIS

Teror Mobil Bom, Turki vs Kurdi-ISIS

Ankara – Turki kembali dilanda teror bom. Kali ini, bom mobil kedua Di ledakkan di ibu kota Turki, Ankara, Minggu (13/3/2016). Akibatnya, transport hub hancur. Insiden tersebut pun menewaskan 32 orang dan melukai 75 orang.

Teror Mobil Bom, Turki vs Kurdi-ISIS

Memang, negara anggota NATO tersebut kerap berhadapan dengan teror semacam itu. Selain itu, sebagai bagian dari koalisi pimpinan AS, Turki turut memberantas ISIS di Suriah dan Irak.

Sebab, mereka menganggap bahwa kekerasan di wilayah tenggara yang mayoritas didiami etnis Kurdi tersebut sangat berkaitan dengan peristiwa di Suriah utara. Milisi Kurdi YPG menguasai daerah itu setelah memberantas ISIS dan pemberontak yang memerangi Presiden Bashar al-Assad.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Minggu (13/3/2016), Ankara khawatir bila kesuksesan Kurdi Suriah makin membakar ambisi separatisme Kurdi di wilayahnya sendiri. Sejak lama, Turki menganggap YPG dan PKK mempunyai persamaan ideologis selain bekerja sama di lapangan

Sementara itu, Elang Kebebasan Kurdistan (TAK) mengaku bertanggung jawab atas serangan 17 Februari 2016. Mereka pun pernah berafiliasi dengan PKK. Namun, kini mereka memisahkan diri dari PKK.

Selain Kurdi, ISIS paling telah empat kali menyerang Turki sejak Juni 2015. Termasuk bom bunuh diri yang mengakibakan 10 turis Jerman di Istanbul tewas pada Januari. Kelompok militan islamis lokal dan pemberontak kiri pun kerap menjadikan Turki sebagai sasaran. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pasca Bom Di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

Pasca Bom di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

London – Pasca peristiwa bom bunuh diri di Konser Ariana Grande, di Manchester Arena, Inggris, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis