Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep Roti Tawar Homemade

Resep Roti Tawar Homemade

Jakarta – Roti tawar ternyata tidak harus Anda dapatkan dari toko swalayan. Anda pun bisa mengkreasikan roti tawar Anda sendiri di rumah.

Resep Roti Tawar Homemade

Selain lebih sehat, Anda bisa memodifikasi sendiri roti tawar tersebut sesuai selera Anda. Gunakan sebagai teman menyantap daging asap ataupun selai favorit Anda dan keluarga. Berikut resepnya seperti dilansir dari viva.co.id (Selasa, 15/3/2016):

Bahan-bahan:

1/4 ons ragi
-2 1/4 cangkir air hangat
-3 sdm gula pasir
-1 sdm garam
-2 sdm minyak sayur
-6 1/4 hingga 6 3/4 cangkir tepung terigu

Cara membuat:

1. Dalam mangkuk berukuran besar, masukkan ragi dan air hangat. Aduk rata lalu masukkan gula, garam, minyak dan 3 cangkir tepung terigu. Aduk hingga rata dan masukkan sisa tepung terigu sambil terus diaduk.

2. Pindahkan adonan roti ke atas permukaan yang datar. Uleni hingga kalis, sekitar 8-10 menit. Masukkan adonan ke dalam mangkuk dan tutupi denga kain yang telah sedikit dibasahi dengan air. Diamkan adonan di tempat hangat hingga mengembang dua kali lipat selama 1,5 jam.

3. Uleni kembali adonan sebentar saja, lalu bagi menjadi dua. Bentuk masing-masing adonan seperti roti tawar dan masukkan ke dalam loyang khusus roti tawar yang telah diolesi dengan minyak. Tutupi loyang dan diamkan sekali lagi sekitar 30-45 menit atau hingga mengembang dua kali lipat.

4. Panggang di dalam oven bersuhu 190 derajat Celsius selama 30-35 menit atau hingga warnanya menjadi coklat keemasan dan roti terasa kopong saat ditepuk.

5. Keluarkan roti dari loyang dan dinginkan terlebih dahulu sebelum diiris-iris. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Jakarta – Tumis sayur memang merupakan masakan yang enak dan mudah dibuat. Ini juga merupakan ...