Home > Ragam Berita > Nasional > Kontras Tuding Pemerintah Tutupi Dalang Kebakaran Hutan Di Indonesia

Kontras Tuding Pemerintah Tutupi Dalang Kebakaran Hutan Di Indonesia

Jakarta – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS) mengungkap kasus pembakaran hutan dan lahan di Indonesia masih banyak yang ditutup-tutupi, padahal menurut mereka publik memiliki hak untuk tahu siapa dalang di balik aksi ilegal tersebut.

Kontras Tuding Pemerintah Tutupi Dalang Kebakaran Hutan Di Indonesia

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Jumat (18/3/2016), KONTRAS sendiri telah melakukan korespondensi aktif dengan tujuh Kejaksaan Tinggi (Kejati), dimana enam di antaranya telah memberi jawaban lewat mekanisme Informasi Publik seperti yang tertuang dalam UU No. 14 tahun 2008.

Menurut penuturan Haris Azhar selaku Koordinator Badan Pekerja Kontras, enam Kejati yang dapat diajak bekerja sama dan terbuka memberikan informasi tersebut ialah di Provinsi Jambi, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

“Kontras mengapresiasi langkah hukum yang diambil oleh Polri dan Kejaksaan Tinggi dalam bekerja sama, mendorong dan dan memastikan bahwa fungsi penegakan hukum tidak bekerja diskriminatif utamanya pada kejahatan korporasi,” jelasnya.

Meski begitu Haris mengungkap bahwa masih ada satu Kejati yang dinilai cukup mengecewakan karena sama sekali tidak memberikan penjelasan atas permintaan keterbukaan informasi publik, yakni Kejati Provinsi Sumatera Selatan. Dimana di Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki kasus kebakaran hutan dan lahan yang serius. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Ahok Tetap Bersyukur Kalau Nantinya Tidak Diijinkan Tuhan Jadi Pejabat

Ahok Tetap Bersyukur Kalau Nantinya Tidak Diijinkan Tuhan Jadi Pejabat

Jakarta – Calon gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merasa sangat yakin ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis