Home > Ragam Berita > Nasional > Rumah Sakit Sumber Waras Akibatkan Kerugian Rp 755 Miliar

Rumah Sakit Sumber Waras Akibatkan Kerugian Rp 755 Miliar

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diduga terlibat kasus korupsi pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras. Selain mekanisme anggaran, poin kedua dugaan korupsi adalah nomenklatur (penamaan).

Rumah Sakit Sumber Waras Akibatkan Kerugian Rp 755 Miliar

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Lembaga Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Menurut dia, dalam Perda APBD Provinsi DKI Jakarta 2014, penamaannya digunakan untuk pembelian lahan RS Sumber Waras di Jalan Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat. Namun, ternyata, yang dilakukan Pemprov DKI adalah pelepasan lahan.

”Nomenklatur (pasal) dalam APBD disebut dengan jelas disebutka pembelian lahan RS Sumber Waras. Namun, dalam pelaksanaannya, itu menjadi pelepasan hak Sumber Waras kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI. Di APBD, hal terseut jelas pembelian lahan. SK kepala dinas sebelumnya juga pembelian lahan,” kata Boyamin kepada media pada Jumat (25/3/2016).

Namun, setelah SK pengadaan pada APBD Perubahan 2014 dikeluarkan, pelaksaanya diganti dengan pelepasan hak. Menurut Boyamin, pembelian dan pelepasan memiliki makna berbeda. Karena itu, SK pengadaan tersebut tidak berdasar hukum.

”Nah, kalau pembelian, saya otomatis dapat barang. Kalau pelepasan, saya belum dapat barang. Makanya, tanah tersebut dilepaskan, lalu menjadi tanah negara. Kemudian, pemprov DKI baru memohon tanah itu kepada negara melalui BPN,” katanya.

Menurut dia, lewat BPN, pemohon harus membayar lagi. Namun, dana yang bakal dibayarkan sudah ludes. Hal tersebut pun tidak bisa ditindaklanjuti. ”Istilahnya, akan mangkrak dan tidak bisa dibeli siapa-siapa. Pemprov DKI yang mengeluarkan uang Rp 755 miliar tidak akan bisa membeli tanah itu,” katanya.

Karena itu, pembayaran dana dari APBD dengan sistem pelepasan itu membikin uang lenya. Selain itu, barang tidak dimiliki. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tunjukkan Simpati untuk Korban Bom, Kelompok Garuda Lakukan Aksi Tabur Bunga

Tunjukkan Simpati untuk Korban Bom, Kelompok Garuda Lakukan Aksi Tabur Bunga

Jakarta – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Gerakan Relawan untuk Demokrasi (Garuda) menggelar aksi tabur bunga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis