Home > Ragam Berita > Ekonomi > Pertamina Kini Bisa Lebih Berhemat Usai Petral Dibubarkan

Pertamina Kini Bisa Lebih Berhemat Usai Petral Dibubarkan

Jakarta – Dibubarkannya Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) sepertinya berhasil membawa dampak positif bagi PT. Pertamina (Persero). Perusahaan energi plat merah tersebut memperkirakan dapat melakukan penghematan dan nilai tambah yang mencapai 651 juta dollar AS atau setara dengan Rp. 8,4 triliun.

Pertamina Kini Bisa Lebih Berhemat Usai Petral Dibubarkan

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Selasa (5/4/2016), Daniel Purba selaku Vice President Integrated Supply Chain (ISC) mengungkap ada tiga fase yang harus dijalankan ISC agar bisa mencapai nilai efisiensi tersebut.

Fase pertama telah sukses dilakukan selama 2015 lalu, yakni terhitung mulai Maret-Desember 2015 Pertamina telah melakukan penghematan seniai 208,1 juta dollar AS.

Adapun fase kedua memiliki enam inisiatif yang masih dikembangkan. Mulai dari pemilihan komoditas minyak mentah berdasar nilai keekonomian, serta penambahan daftar minyak mentah yang bisa diolah di kilang milik Pertamina. Dalam fase ini juga dilakukan beragam pembenahan kebijakan pengadaan dan peningkatan volume minyak mintah domestik, serta optimasi pengolahan.

Terakhir pada fase ketiga, ISC mampu menjadi Talent Engine, yang diharapkan dapat memberi value creation senilai 651 juta dollar AS per tahunnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Tertarik Buka SPBU Mini ? Siapkan Modal Rp 15 Juta

Tertarik Buka SPBU Mini ? Siapkan Modal Rp 15 Juta

Jakarta – Sebuah bentuk usaha jenis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan skema eceran ...