Home > Ragam Berita > Nasional > Secara Tidak Sengaja Ahmad Dani Menemukan Ranjau Darat Seberat 1,5 Kg

Secara Tidak Sengaja Ahmad Dani Menemukan Ranjau Darat Seberat 1,5 Kg

Magelang – Pada Selasa (5/4/2016) lalu warga Dusun Kadiwongso RT 04 RW 02 Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman, Magelang, dihebohkan dengan penemuan ranjau darat yang terbungkus dalam sebuah jaket. Benda berbahaya tersebut ditemukan oleh seorang Ahmad Dani, seorang tukang batu berusia 32 tahun.
Secara Tidak Sengaja Ahmad Dani Menemukan Ranjau Darat Seberat 1,5 Kg
Seperti dilansir dari JPNN, Kamis (7/4/2016), penemuan ranjau darat tersebut berawal ketika Dani sedang menggali tanah yang nantinya akan digunakan sebagai fondasi bangunan. Secara tiba-tiba, cangkul Dani mengenai benda keras yang terkubur di dalam tanah, dan terbungkus oleh jaket berwarna hitam.

Penasaran, Dani pun mengangkat benda aneh tersebut dari dalam tanah. Setelah membuka bungkusan jaket tersebut, Dani pun kaget karena yang ia temukan ternyata adalah sebuah ranjau darat berbobot sekitar 1,5 kg.

Dani pun melaporkan temuan ini ke kantor Koramil Salaman dan kepolisian setempat. Pihak Koramil pun merespon dengan mengirimkan 20 personil tentara dari Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang. Pihak kepolisian pun melakukan hal yang serupa. Pelda Solikhin bersama anggota Polsek pun mendatangi lokasi penemuan ranjau darat tadi.

Dari pengamatan di lapangan, Solikhin mengatakan bahwa ranjau darat tersebut merupakan peninggalan perang kemerdekaan.

“Dari hasil pemeriksaan granat jenis ranjau darat tersebut, kami menduga benda tersebut merupakan peninggalan zaman Belanda,” tutur Solikhin.

Solikhin pun menghimbau kepada masyarakat, utamanya yang tinggal di sekitar kawasan militer, untuk tidak panik dan segera melaporkan hal-hal atau temuan yang serupa dengan ranjau darat ini.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Ngadirejo yang mana lokasinya sangat dekat dengan lapangan tembak milik Akademi Militer (Akmil) agar lebih berhati-hati pada saat ada latihan menembak di lapangan tembak tersebut,” pungkas SOlikhin. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Beredar Foto Dugaan Pertemuan Anies Dengan Bos Mayapada

Jakarta – Belum reda perihal permasalahan pidato Anies Baswedan, kini heboh di media sosial mengenai ...