Home > Ragam Berita > Nasional > Bambang: Data Panama Papers Mirip dengan Milik Direktorat Jenderal Pajak

Bambang: Data Panama Papers Mirip dengan Milik Direktorat Jenderal Pajak

Jakarta – Kasus Panama Papers menyeret beberapa nama dari Indonesia. Mereka adalah pengusaha kelas atas Indonesia. Semuanya tercantum dalam dokumen Panama Papers yang bocor ke media. Terlebih daftar tersebut mirip dengan daftar milik Direktorat Jenderal Pajak Indonesia.

Bambang: Data Panama Papers Mirip dengan Milik Direktorat Jenderal Pajak

Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. ”Dari pengamatan sepintas, yang sama memang lumayan banyak (dengan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Pajak/DJP). Tapi persentasenya kecil,” katanya pada Jumat (8/4/2016).

Karena itu, DJP harus mengecek kembali validitas dari data yang tercantum dalam Panama Papers soal dugaan kejahatan penghindaran pajak, terutama nama-nama yang mempunyai aset besar di luar negeri.

“Kita hanya tertarik pada nama-nama di Panama Papers yang diyakini kuat mempunyai rekening di luar negeri, karena itu menjadi sumber yang bagus untuk tax amnesty”, ujar Bambang.

Namun, Menteri Keuangan lebih jauh menjelaskan bahwa masih wajar bila ada WNI yang memiliki perusahaan bayangan di wilayah bebas pajak (offshore) untuk mengembangkan usahanya di luar negeri, asalkan perusahaan tersebut tidak di gunakan sebagai instrumen untuk menghindar dari pajak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mempermasalahkan perbedaan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang ...